Kebakaran di SM Barumun Berhasil Dipadamkan

Selasa, 07 Mei 2019

Batang Onang, 6 Mei 2019. Berawal pada Rabu, 3 Mei 2019, sekitar pukul 11.35 Wib, petugas Resort SM. Barumun II Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan, menerima laporan dari Manggala Agni DAOPS Labuhan Batu tentang terjadinya kebakaran hutan di wilayah SM. Barumun. Laporan ini ditindaklanjuti dengan turun langsung ke lokasi bersama-sama dengan petugas Koramil 07 Sosopan serta petugas Manggala Agni DAOPS Labuhan Batu.

Informasi di lapangan yang dikumpulkan Tim, bahwa asal mula kebakaran terjadi di wilayah Barumun Nagary Wildlife Sanctuary, yang berbatasan langsung dengan kawasan SM. Barumun. Namun kemudian api merembet hingga masuk ke dalam kawasan SM. Barumun. Penyebab pasti kebakaran belum diketahui.

Lahan yang ditumbuhi alang-alang serta angin yang cukup kencang menjadi faktor mempercepat api merembet dan juga menyebabkan Tim kesulitan  dalam memadamkan api. Namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi,  meskipun dengan menggunakan alat-alat sederhana (gepyok), Tim berhasil memutus jalur api sehingga kebakaran tidak menjalar lebih luas lagi.

Perlu waktu sekitar 5 jam untuk memadamkan api. Beruntung kondisi cuaca yang kemudian mendung dan turun hujan sehingga api dapat dipadamkan dengan sempurna. Lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan berada pada titik koordinat : N : 1º 21’ 40” , E : 99 º 24’ 11”, berada dekat dengan lokasi penanaman SM Barumun tahun 2018. Diperkirakan luas areal yang terbakar sekitar ± 50 Ha.

Selanjutnya Tim memberikan penyuluhan dan menghimbau  masyarakat agar tidak melakukan aktifitas membakar di lahan kebunnya dengan sembarangan, karena akan berdampak merambat ke kawasan. Tim juga memantau kondisi kawasan pasca kebakaran untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan illegal, seperti : perburuan satwa liar yang dilindungi.

kebakarann

Menjadi komitmen Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan untuk terus menjaga dan menjalin hubungan baik dengan pihak Koramil serta Manggala Agni DAOPS Labuhan Batu, agar kedepannya upaya mencegah dan menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan lebih baik lagi.

Sumber : Darmawan, S.Hut., M.Sc. - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini