Langkah Awal Kembangkan Wisata Desa Bonto Masunggu

Senin, 06 Mei 2019

Maros, 6 Mei 2019. Personil Resort Tondong Tallasa Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusarung (TN Babul) melakukan kegiatan pembinaan kelompok pengelola ekowisata (KPE) Lamassua. Pembinaan ini berlangsung di kantor Desa Bonto Masunggu, Tellu Limpoe, Bone, pada Jumat (3/5/2019).

Desa Bonto Masunggu memiliki potensi wisata yang layak untuk dikembangkan. Desa ini memiliki keindahan air terjun dan pemandangan alam yang menawan. Karenanya Balai TN Bantimurung Bulusaraung memotivasi dan terus mendukung kelompok pengelola untuk menggalakkan peran serta masyarakat mengembangkan wilayahnya.

Anggota KPE Lamassua beserta tokoh masyarakat antusias mengikuti pembinaan. Hadir juga Kepala SPTN I Balocci, Kepala Desa Bonto Masunggu Babinkamtibmas Bonto Masunggu, serta pemerhati wisata alam.

Kepala Desa Bonto Masunggu selaku pembina kelompok mengapresiasi kegiatan ini. Ia juga berharap agar seluruh anggota dapat bersinergi dalam melaksanakan tugas.

"Pada berbagai kesempatan baik formal maupun informal kami selalu mempromosikan Desa Bonto Masunggu sebagai desa wisata penyangga taman nasional," terang Iqbal Abadi Rasjid, Kepala SPTN Wilayah I Balocci, dalam sambutannya.

Rangkaian pembinaan ini juga melakukan pemilihan ketua kelompok. Adalah Yanci, ST., terpilih sebagai Ketua KPE Lamassua. Hasil lainnya: rencana pembangunan jalan tani menuju air terjun Lamassua akan dilaksanakan tahun ini dengan menggunakan anggaran desa.

Pada kesempatan yang sama Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan juga menggelar lintas alam di Desa Bonto Masunggu. Kelompok pengelola ekowisata bertindak sebagai pemandu, menunjukkan keindahan alam pegunungan desanya, termasuk tujuh air terjunnya. Event jelajah alam ini merupakan langkah awal pengembangan wisata desa ini kepada khalayak. Besar harapan akan seperti wisata Rammang-rammang di mana Bank Indonesia juga turut andil pada awal pengembangannya.

Kepala SPTN Wilayah I dalam diskusi dengan pimpian Bank Indonesia berharap ke depan ada kolaborasi lanjutan antara Bank Indonesia, TN Bantimurung Bulusaraung, pemerintah desa, dan tentunya masyarakat Bonto Masunggu dalam pengembangan wisata desa ini.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Direktur Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan atas kunjungan dan rencana pengembangan fasilitas umum desa kami berupa pembangunan musala (tempa beribadah) dan kolam ikan," ungkap Najamuddin, Kepala Desa Bonto Masunggu.

Semoga dengan kegiatan pembinaan kelompok serta kunjungan Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan menjadi langkah awal pengembangan wisata di Desa Bonto Masunggu.

Sumber: Ramli – PEH Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini