Sarasehan Pemanfaatan Zona Tradisonal Resort Mentatai Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Kamis, 11 April 2019

Sintang, 11 April 2019  -  Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR-red.) telah menjalin kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan zona tradisional di Desa Mawang Mentatai  dengan 2 (dua) kelompok yaitu Kelompok Tani Batu Lintang dan Kelompok Tani Teluk Kebali serta di Desa Nusa Poring dengan 2 (dua) kelompok yakni Kelompok Tani Tungku Sengkumang dan Kelompok Tani Sekujang Permai pada tanggal 26 s.d. 29 Maret 2019. Masing-masing Desa diikuti 60 (enam puluh) orang peserta yang merupakan masyarakat anggota kelompok tani mitra, tokoh masyarakat serta perwakilan dari perangkat desa di kedua desa tersebut. Kedua desa tersebut merupakan desa penyangga yang berada di wilayah kerja Resort Mentatai Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Nanga Pinoh. Sarasehan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pengelolaan Zona Tradisional digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan zona tradisional dengan titik berat pada pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) sekaligus menghimpun berbagai informasi dan data dari masyarakat perihal pengelolaan zona tradisional serta berbagai aspirasi yang timbul untuk meningkatkan kualitas kemitraan yang terjalin antara BTNBBBR dengan kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Desa Mawang Mentatai dan Desa Nusa Poring. 

Dalam sarasehan tersebut  turut hadir  3 (tiga) Orang narasumber yang memiliki kompetensi dalam kaitannya dengan pengelolaan zona tradisional. Bapak Purwadi, S.Hut., M.P. selaku Kepala SPTN Wilayah I Nanga Pinoh sebagai narasumber dalam materi Pengelolaan Zona Tradisional TNBBBR; Bapak Deman Huri, S.Hut. selaku Direktur Institut Pengolahan Hasil Hutan (INTAN) dalam materi Pengolahan HHBK Tengkawang dan Bapak Dartius S.Sos selaku Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Menukung dalam materi Dukungan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Zona Tradisional. 

Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bapak Agung Nugroho, S.Si., M.A. berkenan turut mengawal jalannya agenda sarasehan sekaligus meninjau usaha masyarakat anggota kelompok mitra pengelolaan zona tradisional TNBBBR. Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai juga mengunjungi beberapa warga masyarakat yang menjadi pelaku usaha kerajinan anyaman rotan dan menyempatkan diri melakukan peliputan pada aktifitas masyarakat di Desa Mawang Mentatai dan Desa Nusa Poring. Masyarakat menyambut baik kedatangan Kepala Balai, petugas pada Resor Mentatai beserta tim pelaksana kegiatan sarasehan. 

Beberapa simpulan sarasehan berhasil dihimpun dan ditarik kesimpulan bahwa masyarakat sangat antusisas dengan upaya pengelolaan zona tradisional khususnya pada wilayah kerja Resor Mentatai, masyarakat anggota kelompok tani mitra menyambut baik kegiatan sarasehan yang dilaksanakan dengan menyampaikan masukan dalam intensifikasi pemanfaatan HHBK pada zona tradisional serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengolahan HHBK khususnya Tengkawang dilakukan melalui pemaparan oleh Bapak Deman Huri, S.Hut. selaku Direktur Yayasan INTAN. Masyarakat mengharapkan agar kegiatan-kegiatan pertemuan serupa dapat lebih diintensifkan untuk memperkuat kolaborasi pengelolaan pada zona tradisional. 

Implementasi kemitraan pengelolaan zona tradisional menjadi salah satu bagian penting dalam upaya pengelolaan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR-red.). Sejalan dengan cara baru kelola kawasan konservasi yang mengedepankan pengarusutamaan Masyarakat sebagai Subyek, Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia dan Penghormatan Nilai Budaya dan Adat, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya mengadopsi nilai-nilai tersebut sebagai pilar kolaborasi pengelolaan kawasan bersama masyarakat. Dengan berfokus pada upaya pengelolaan sumberdaya hutan pada area kelola masyarakat kelompok mitra di dalam zona tradisional, diharapkan aktifitas pemanfaatan HHBK oleh masyarakat dapat meningkatkan nilai tambah bagi upaya penguatan keberdayaan masyarakat. Sejalan dengan upaya tersebut pengelolaan sumberdaya hutan dalam zona tradisional diharapkan juga dapat mendorong terbentuknya suatu skema pengelolaan kawasan yang dapat menjembatani aspirasi masyarakat dalam pemanfaatan HHBK sesuai dengan konteks zonasi kawasan.

WhatsApp Image 2019-04-11 at 13.15.13

Sumber   : Helmy Adhi Kusuma - Penyuluh Balai TN Bukit Baka Bukit Raya 
Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Contact Person     :    Dudy Kurniawan

Call Centre            :    082158564609

e-mail                    :    bukitbakabukitraya@gmail.com

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini