Upaya penyelamatan Penyu di TN Meru Betiri

Kamis, 04 April 2019

Banyuwangi, 2 April 2019. Kepala Balai TN Meru Betiri melakukan kegiatan pembinaan pegawai kepada personil SPTN Wilayah I Sarongan di Resort Sukamade. Kepala Balai (Maman Surahman Maman Surahman, S.Hut, M. Si,) menyampaikan ucapan terima kasih kepada para THL dan MMP yang telah bersedia bergabung dengan TN. MerBeti. Fungsi dari THL dan MMP di TN. MerBeti adalah untuk membantu ASN dalam mengelola kawasan di TN MerBeti. Dan diharapkan dengan adanya THL dan MMP, ASN TN. MerBeti lebih semangat lagi dalam melaksanakan tupoksinya.

Saat berkunjung ke Resort Sukamade, Kepala Balai TN. MerBeti (Meru Betiri) mengikuti kegiatan pengamatan penyu (Chelonioidea) dilapangan dan berhasil menemukan satu ekor Penyu Hijau yang bertelur dengan jumlah telur sebanyak 98 butir. Karena Kepala Balai melihat tidak tersedianya tempat untuk pengunjung berkumpul di pantai, serta petugas TN. MerBeti yang hilir-mudik sepanjang pantai untuk melihat penyu bertelur. Maka Kepala Balai TN.MerBeti berencana membangun menara pantau penyu setinggi kurang lebih 5 meter lengkap dengan teropong infrarednya, dan bagian bawahnya akan dibangun tempat yang nyaman untuk pengunjung menunggu proses penyu bertelur. Fungsi dari teropong tersebut adalah untuk memantau penyu yang mendarat di Pantai Sukamade.

Pagi harinya sebelum turun dari Resort Sukamade, Kepala Balai beserta tim dari Kantor Balai TN. MerBeti melakukan pelasan 100 ekor tukik ke laut. Kepala Balai berpesan "Sebenarnya potensi TN. MerBeti sangat luar biasa disini kita bisa melihat dengan mudah Ayam Hutan Hijau, Burung Kangkerang yang sedang bertengger, Merak yang berjalan santai diseberang jalan, Lutung yang sedang berayun, Penyu bertelur, Rusa dan masih banyak yang lain. Tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi suatu atraksi wisata yang menarik"

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini