Mengenalkan Taman Nasional dan Konservasi Orangutan kepada Milenial

Senin, 01 April 2019

Tanjung Harapan, 25 Maret 2019. Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) bersama OF-UK Indonesia melakukan pendampingan kegiatan Field Trip Anggota D'NAVA (The Nature Conservation) SMA Negeri 1 Pangkalan Bun ke Taman Nasional Tanjung Puting. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Hutan Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Maret 2019 setiap tahunnya. Kegiatan Field Trip ini sesuai dengan tema peringatan Hari Hutan Internasional 2019 di Indonesia, yaitu Rekreasi Edukasi Rimbawan Milenial. Field Trip dilaksanakan pada tanggal 23-24 Maret 2019 dengan mengunjungi berbagai lokasi, seperti Pusat Informasi Tanjung Harapan, Demplot Tumbuhan Obat dan Anggrek, Pusat Reintroduksi Orangutan, Camp Leakey dan Stasiun Penelitian Pondok Ambung.

Tim OF-UK Indonesia dan Balai TNTP memberikan materi pendampingan dengan konsep Belajar sambil Berlibur, berupa pengenalan taman nasional dan flora fauna khas TNTP serta konservasi orangutan dan habitatnya. Materi diberikan selama dalam perjalanan di Klotok Wisata serta di lokasi yang dikunjungi dan Stasiun Penelitian Pondok Ambung melalui berbagi cerita, diskusi, observasi, serta quiz dan games.

Dalam rangka memberikan pengalaman lapangan dalam pengamatan satwa, peserta Field Trip juga diajak melakukan pengamatan satwa di malam hari dan pengamatan burung. Sebagai bentuk kepedulian terhadap hutan dan satwa, pada akhir kegiatan Peserta Field Trip melakukan penanaman 25 pohon asli TNTP di area Stasiun Penelitian Pondok Ambung. Dalam perjalanan pulang, peserta Field Trip D'NAVA terlihat riang dan gembira yang memberikan kesan bahwa kegiatan berjalan menyenangkan serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam hidupnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Tanjung Puting & OF-UK Indonesia

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini