Kunjungan Kerja Kepala Balai TN Matalawa Ke Kawasan Hutan Laiwangi Wanggameti

Senin, 01 April 2019

Waingapu, 1 April 2019.  Ir. Memen Suparman MM selaku kepala Balai TN Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) melakukan kunjungan pertamanya setelah resmi dilantik menjadi Kepala Balai Baru. Didampingi oleh Plt KSBTU Hastoto Alifianto S.Hut., M.Si dan beberapa staf,  melakukan kunjungan kerja selama tiga hari ke beberapa tempat mulai dari Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah III Matawai Lapau, Kantor Resort Tandulajangga , Kantor Resort Tawui, hingga kantor Resort Praingkareha.

Kunjungan kerja kali ini dikhususkan ke  wilayah kerja  hutan Laiwangi Wanggameti, yang termasuk kedalam wilayah kerja SPTN III Matawai Lapau dan sebagaian masuk kedalam SPTN II Lewa. Kunjungan ini sekaligus melakukan pembinaan Kepala Balai ke para petugas yang bertugas di lapangan. Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan tercipta tiap kali kunjungan.

Di sela-sela perjalannya, Kepala Balai tak kenal lelah melakukan pemantauan kondisi lapangan diantaranya pengamatan lokasi Makam Raja Nggongi, Air Terjun Laputi sekaligus memantau PLTMH Laputi, selain itu juga Kepala Balai mengunjungi kawasan hutan Billa sebagai spot surganya burung yang merupakan tempat favorit para Birdwatcher.

 Kepala Balai TN Matalwa dalam sela-sela kunjungannya menyampaikan bahwa upaya pengelolaan Kawasan Konservasi khusunya di kawasan Taman Nasional Matalawa tentunya tidak bisa terlepas dari upaya kolaborasi berbagai pihak  juga peranan dari masyarakat penyangga sendiri.  Upaya Pelestarian hutan sumba yang tersisa sebagai benteng terakhir Eksosistem Pula Sumba akan menjadi bermakna dan syarat manfaat apabila sama-sama merasakan betapa pentingnya keberadaan hutan  itu sendiri.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini