Balai TN Matalawa Terus Galakkan Pemulihan Ekosistem

Senin, 01 April 2019

Waingapu, 1 April 2019.  Berada di Kawasan Hutan Tana Modu, Resort Taman Mas Wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 1 Waibakul, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa).  Gaudencio Gabriel selaku kepala resort sekaligus penanggung jawab lapang kegiatan Pemulihan Ekosistem sedang melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pemeliharaan tanaman yang telah di tanam akhir tahun 2018. Kondisi tanaman saat ini terlihat cukup segar dan nampak banyak percabangan dan daun baru telah muncul di tiap anakan yang ditanam. Tanah yang ada terasa cukup basah  mengingat intensitas  hujan cukup tinggi  ditempat tersebut.

Serangkaian kegiatan pemeliharaan tanaman di lakukan mulai dari pembersihan gulma tanaman hingga mengecek kondisi pagar yang terpasang apakah terjadi kerusakan atau tidak. mengingat lokasi ini cukup rawan dari gangguan hewan ternak dan sekaligus melakukan penyulaman tanaman bagi tanaman yang mati.

Upaya pemulihan ekosistem ini merupakan kegiatan penting dari Taman Nasional Matalawa mengingat peranan dan fungsi dalam menjaga keseimbangan Ekosistem Pulau Sumba serta mendukung Rencana Pengelolaan Jangka Menengah (RPJM) Direktorat Jendral KSDAE  Tahun 2015-2019, yang termuat dalam Keputusan Dirjen KSDAE No:SK.18/KSDAE/KK/KSDAE.1/1/2016 tentang Penetapan Lokasi Pemulihan Ekosistem Pada Kawasan Konsevasi yang Terdegradasi seluas 100.000ha.

Ir. Memen Suparman MM selaku Kepala Balai TN Matalawa menyambut gembira upaya pemulihan ekosistem yang telah dilaksanakan oleh TN Matalawa hingga saat ini, semoga upaya yang telah kita kerjakan mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat serta mampu menjaga keseimbangan ekosistem Pulau Sumba.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

           

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini