Upaya Pemasaran Produk Minuman Herbal Kelompok King Betiri

Jumat, 29 Maret 2019

Jember, 28 Maret 2019. Ini adalah kunjungan perdana Maman Surahman, S.Hut, M.Si sebagai Kepala Balai TN Meru Betiri (MerBeti) di Kelompok Toga King Betiri. Kelompok ini berada di Desa Andongrejo di bawah binaan Resort Andongrejo, SPTNW II Ambulu. Pada tahun 2018, kelompok ini menjadi role model TN MerBeti “Pengembangan Daerah Penyangga Berbasis Tumbuhan Obat”.

Selain untuk mengenal kelompok King Betiri, Tim dari Balai bertujuan untuk Pemantauan dan Evaluasi perkembangan kelompok. Hasilnya King Betiri telah melakukan pengembangan kemasan dan produk dengan menggunakan bantuan peralatan dari TN MerBeti tahun 2018. Anggota King Betiri yang semula 20 orang bertambah menjadi 25 orang.

Pada kesempatan ini, Kabalai mencicipi produk minuman herbal King Betiri sambil berdiskusi dengan anggota kelompok. Kendala yang dihadapi yaitu pemasaran.

“Kemasan produk menjadi salah faktor penting dalam pemasaran. Kemasan yang bagus akan menarik konsumen untuk membeli produk kita.” terang Kabalai. Pihak TN MerBeti berjanji akan membantu pemasaran produk King Betiri serta produk-produk hasil pemberdayaan masyarakat lainnya.

Kesan kunjungan kali ini yaitu bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat di TN MerBeti sudah cukup berkembang.  Namun diperlukan adanya sinergitas, kerjasama, dan koordinasi dengan pihak terkait agar lebih mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar TN MerBeti. Masyarakat sejahtera, Hutan lestari.

 

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini