Bersinergi Menghijaukan TN. MerBeti

Jumat, 29 Maret 2019

Kamis, 28 Maret 2019. Memasuki Triwulan Pertama Tahun 2019, Kepala Balai bersama  Tim Evaluasi Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) yang didampingi oleh Kepala SPTN Wilayah II Ambulu dan Kepala Resort Sanenrejo melakukan pemantauan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Sanenrejo, Kec. Tempurejo, Kab. Jember. Pemantauan yang dilakukan berupa pertemuan dan berdiskusi bersama kelompok petani rehabilitasi Desa Sanenrejo dan Kelompok Masyarakat Peduli Hutan Konservasi (MPHK).

Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin silaturahim dengan masyarakat sekitar kawasan TN MerBeti, menjaring keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan hutan khususnya zona rehabilitasi TN MerBeti, dan menyatukan visi antara TN MerBeti dengan masyarakat dalam pengelolaan hutan.

Dari pertemuan ini, masyarakat yang bergabung di Kelompok petani rehabilitasi dan MPHK sepakat untuk mendukung program TN MerBeti dalam menjaga hutan dan menghijaukan kembali zona rehabilitasi.

Kelompok petani rehabilitasi mendukung dengan menanam tanaman hutan dan membuat persemaian berbasis tanaman hutan seperti kemiri, kluwek, kepuh, beringin, pinang dan kedawung. Di sela-sela tanaman hutan tersebut petani dapat menanam jenis tanaman berbuah seperti durian, sirsak, alpukat dan nangka.

Kelompok MPHK telah memiliki tempat usaha persemaian. Kepala Balai TN MerBeti beserta tim melakukan kunjungan ke tempat persemaian tersebut dan dilanjutkan pengecekan di lahan rehabilitasi Blok Aren.

“MPHK harus menjadi pelopor dalam menerapkan petik, olah, jual hasil tanaman rehabilitasi. Kalau hanya petik dan jual, tengkulak bisa mempermainkan harga. Namun jika menjual dalam bentuk hasil pengolahan, produk tersebut bisa dipasarkan di toko, pasar dan dapat dinikmati langsung oleg konsumen, nilai jualnya pun menjadi lebih tinggi.” ujar Maman Surahman, S.Hut, M. Si, Kabalai TN MerBeti.

Untuk mendukung pengolahan hasil tanaman rehabilitasi, TN MerBeti akan mencoba memfasilitasi peralatan seperti pemecah kemiri dan alat pengolah keripik gadung.

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Nur Kholiq
Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari..