Menumbuhkan Jiwa Konservasi Sejak Dini Di Batas Kawasan TN MerBeti

Kamis, 28 Maret 2019

Jember, 27 Maret 2019. Resort Baban, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (SPTN) Wilayah III Kalibaru Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) telah melaksanakan Pendidikan Lingkungan di Sekolah MI Raudhlatul Jannah (RadJa). Kegiatan ini dilaksanakan oleh kepala Resort Baban, M.Andik Boediono, SH dan Jumadiawan anggota resort.

MI Radja berada di wilayah (Perhutani) Blok Dung Segoro, Dsn.Batu Ampar, Ds.Mulyorejo, Kec.Silo, Kab. Jember (koordinat : 813201, 9074487). Letaknya sekitar 700 meter  dari pinggir batas kawasan TN MerBeti. Jauh dari keramaian kota, untuk menuju ke sana perlu melewati jalan tanah berlumpur. Bangunan sekolah terdiri dari 4 ruangan yang digunakan sebagai tiga ruang kelas dan ruang guru. Jumlah siswa sebanyak 27 orang dengan 4 orang pengajar/ guru.

Keberadaan yang berdampingan dengan kawasan hutan, menjadikan pentingnya menumbuhkan jiwa konservasi sejak dini pada siswa-siswi MI ini. Melalui pendidikan lingkungan ini siswa-siswi diberikan pemahaman  tentang lingkungan dan kehutanan. Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa yang hadir dari kelas 1 s/d kelas 6. Mereka didampingi Pak Azis, Guru MI Radja.

Selain pemberian materi tentang fungsi hutan, kekayaan flora dan fauna di TN MerBeti, kegiatan ini diselingi dengan games. Para siswa menikmati games yang dimainkan selama kegiatan berlangsung. Dari kegiatan ini diharapkan timbul kesadaran tentang lingkungan dan kepedulian terhadap hutan sebagai paru-paru dunia.

Sumber: Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Kalibaru - Balai Taman Nasional Meru Betiri 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini