Balai TN Aketajawe Lolobata Ikuti Sosialisasi Perijinan Penelitian Asing

Kamis, 28 Maret 2019

Sofifi, 27 Maret 2019. Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) yang didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha melakukan kunjungan ke Fakultas Pertanian Universitas Khairun (Unkhair) di Ternate kemarin (26/03). Kepala Balai TNAL disambut oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Ketua Jurusan Pertanian di Ruang Kerja Dekan. Pada pertemuan tersebut Kepala Balai menyatakan menyambut baik kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Unkhair di kawasan TNAL yang telah berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, kedua pihak menyepakati akan melakukan pertemuan bersama beberapa universitas lainnya dan pihak terkait untuk menyusun roadmap penelitian pada kawasan TNAL, sehingga kegiatan-kegiatan penelitian dapat dilakukan secara sinergi. Selain itu Universitas Khairun juga menjadwalkan akan mengundang Kepala Balai TNAL beserta pejabat fungsional. Kepala Balai diundang untuk memberikan kuliah umum, sedangkan Pejabat Fungsional diundang untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa Unkhair sebelum melaksanakan kegiatan PKL atau magang di kawasan taman nasional.

Kegiatan magang mahasiswa Universitas Khairun seperti kegiatan pengabdian masyarakat nantinya akan dilaksanakan di desa-desa di sekitar kawasan TNAL yang memiliki konflik tenurial. Selain pembahasan beberapa kegiatan diatas, Balai TNAL dan Universitas Khairun Ternate juga akan melakukan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama.

Setelah melakukan koordinasi dengan Fakultas Pertanian, Rombongan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata menghadiri kegiatan Sosialisasi Perijinan Penelitia Asing yang juga dilaksanakan di Unkhair Ternate. Acara tersebut di buka langsung oleh Rektor Unkhair dan Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti. Narasumber yang mengisi acara tersebut antara lain, Subdit Perijinan Penelitian Kemenristekdikti, Kemenkum HAM Kota Ternate, LIPI,dan Direktorat KKH Kementerian LHK.

Pada sesi diskusi, Kepala Balai TNAL menyampaikan informasi dan masukan atas beberapa kejadian adanya indikasi penyalahgunaan visa oleh orang asing terkait lebah raksasa Wallace untuk sama-sama berbenah dan bersinergi serta menjadikan peristiwa ini sebagai dorongan dalam melakukan penelitian bersama-sama.

Selesai acara, Balai TNAL memberikan buku terbarunya yang berjudul “Biodiversity of Halmahera” kepada seluruh peserta kegiatan sosialisasi dan buku “10 Cara Baru Kelola Kawasan Konservasi” kepada Dekan Fakultas Pertanian.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini