Orientasi Batas Kawasan Hutan TN MerBeti Bersama BPKH Wilayah IX Yogyakarta

Rabu, 27 Maret 2019

Jember, 26 Maret 2019. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) melaksanakan kegiatan orentasi batas kawasan hutan bersama dengan BPKH Wilayah IX Yogyakarta. Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 23 Maret ini  terbagi tiga tim yang bergerak di lokasi yang berbeda. Satu tim terdiri dari 2 (dua) personil BPKH dan seorang personil dari Balai TN MerBeti, serta dibantu dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP).

Sampai dengan hari ini (26/3), tim tiga sudah melakukan orientasi batas dari blok tangki nol sampai ke blok nongkoan yang termasuk dalam kawasan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Kalibaru. Selanjutnya akan ada koordinasi ke perkebunan terbasalak guna memastikan kebenaran posisi pal batas kawasan hutan TN MerBeti dengan kebun treblasala. Kemudian tim akan melanjutkan orentasi batas ke pal IV dan pal VI di Resort Sumberpacet.

Sedangkan, tim dua telah melakukan orientasi batas di sepanjang blok dam hingga kali towo. Dalam pelaksanaannya tim disertai oleh perangkat Desa Sanenrejo dan juga warga desa yang ikut dalam pemasangan batas bersama BPKH tahun 2007.

Untuk batas alam di sepanjang kali towo hingga blok dam Sanenrejo tidak menemui kendala. Di sepanjang mandilis hingga krajan (Resort Sanenrejo) dan blok dam hingga timur sawah (Resort Andongrejo) ditemui banyak pal yang hilang, dan prioritas penitikan pada pal batu (jaman belanda), pal batas BPKH, pal bantu sementara dan batas zona rehabilitasi yang jelas batasnya.

Batas dengan perkebunan dilakukan pengambilan koordinat pal batas yang ada di lapangan. Dan dilanjutkan dengan koordinasi ke PTPN Kotta Blater yang hasilnya disepakati bahwa pengecekan di lapangan yang berbatasan dengan kebun akan melibatkan personil dari kebun. Rencana besok dilanjutkan sisa pekerjaan yang berbatasan dengan tanah perjuangan di sekitar timur lapangan Curahnongko.

Untuk kegiatan tim tiga belum ada kabar hingga saat ini. Semoga Tim diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas di lapangan.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini