Kemandirian Kelompok Masyarakat Sekitar TN MerBeti Menuju Kesejahteraan

Selasa, 26 Maret 2019

Sarongan, 25 Maret. Kepala Resort Rajegwesi Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sarongan Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) melakukan pendampingan pada SPKP Sarongan. Bertempat di Rumah Muhaimin, kegiatan ini dihadiri oleh Ponidi, selaku Ketua SPKP Sarongan dan anggotanya. Kelompok SPKP Sarongan secara mandiri mengembangkan budidaya ikan gurami.

Saat ini SPKP memiliki 3 kolam ikan berukuran 3x6x1,5 m. Kolam pertama diisi 600 bibit gurami yang sudah berumur 12 bulan dan sekitar 20 ekor ikan mati. Diperkirakan ikan akan siap panen pada Bulan April dengan kisaran berat 5-7 ons/ ekor dan estimasi harga Rp. 33.000,- / Kg. Usaha dikembangkan di kolam kedua dengan menabur 1.000 bibit ikan gurami dengan modal Rp. 1.000,-/ekor, sekarang berumur 2 bulan. Untuk kolam ketiga masih kosong, karena belum ada terpal dan isinya. 

Pada kesempatan ini, masyarakat SPKP Sarongan berharap mendapatkan pendampingan dan dukungan dari pihak TN MerBeti secara berkelanjutan untuk mengembangkan upaya peningkatan kelompoknya. TN MerBeti akan mendukung perkembangan SPKP Sarongan menuju masyarakat mandiri dan sejahtera. Eko Setyo Budi, SH, Kepala SPTN Wilayah I Sarongan memberi arahan agar pendampingan dilakukan kontinu, dipantau perkembangan kelompok agar bisa dilaporkan ke Balai TN MerBeti sebelum diusulkan untuk mendapatan bantuan.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini