Balai TN Gunung Palung Tanam 1000 Batang Pohon

Rabu, 20 Maret 2019

Ketapang, 18 Maret 2019. Memperingati Hari Bakti Rimbawan yang ke-36, Balai Taman Nasional Gunung Palung melaksanakan kegiatan penanaman 1000 batang pohon di Blok Masela Pangkal Tapang TN. Gunung Palung, Desa laman Satong, Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang pada 16 Maret 2019. Bersama dengan 98 personil para Mitra yang tergabung dalam Forum Sahabat Gunung Palung (SAGUPA) yang terdiri dari perwakilan PEMDA Kab. Ketapang dan Kayong Utara, Manggala Agni Ketapang, FFI Indonesia Programme, Yayasan ASRI, YIARI, Yayasan palung, Tropenbos Indonesia, Sindikat,PT.KAL, PT.CMI, PT.Sun Palung, Pokdarwis Beringin, dan Masyarakat Desa Laman Satong.

Hari Bakti Rimbawan diperingati setiap tanggal 16 Maret. Tema tahun ini adalah “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat” . Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah budaya menanam dan merawat bagi masyarakat untuk kesehatan rakyat dan lingkungan yang sehat.

Kepala Balai TN. Gunung Palung, M. Ari Wibawanto menyampaikan alasannya memilih desa Laman Satong sebagai lokasi untuk melakukan penanaman pohon “Lokasi ini dulunya adalah lokasi ilegal logging dan pernah terkena dampak kebakaran hutan 2015 dan 2016 sehingga butuh segera direhabilitasi dan juga lokasinya sangat terbuka. Sesuai dengan tema hari ini, kita telah menanam lebih kurang 1000 pohon yang terdiri dari 5 jenis pohon asli setempat

Kegiatan penanaman pohon juga diikuti oleh ibu Septi Eka Wardhani, S.Hut., M.P, Kasubag Administrasi Jabatan Fungsional KSDAE. Beliau mengungkapkan kekagumannya terhadap pemandangan alam yang ada di kawasan sekitar Tn. Gunung Palung  “ Saya lihat jenis-jenis pohon yang ditanam memiliki tujuan tertentu, semoga hasilnya nanti bisa sesuai dengan yang diharapkan, dan juga saya sangat menikmati keindahan alam TNGP dan TNGP itu sangat menarik bagi saya baik ekosistemnya maupun satwa liarnya”. 

Puncak acara peringatan Hari Bakti Rimbawan 2019 dilaksanakan pada hari Senin, 18 Maret 2019, dilakukan berbagai kegiatan, seperti kegiatan apel dan lomba-lomba antar resort di TNGP, yang berjumlah 7 resort. Kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh kegembiraan. Lomba-lomba tersebut diharapkan dapat menambah keakraban dan kekompakan dalam kerja sama seluruh staf BTNGP.

”Salam Rimbawan !”

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini