Balai KSDA Sulawesi Tenggara Bantu Evakuasi Korban Konflik Satwa Buaya di Sungai Lahombuti

Rabu, 20 Maret 2019

Kendari, 19 Maret 2019. Tim Rescue BKSDA Sulawesi Tenggara bantu evakuasi korban konflik satwa buaya di sungai Lahombuti Kelurahan Unaaha Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya BKSDA Sulawesi Tenggara mendapatkan laporan dari masyarakat yang masuk melalui call center tentang adanya korban akibat konflik satwa buaya dengan manusia yang terjadi di sungai Lahombuti Kelurahan Unaaha Kabupaten Konawe. Kepala Balai KSDA Sulawesi Tenggara kemudian memerintahkan tim untuk menindak lanjuti laporan tersebut.

Tim selanjutnya menuju ke lokasi tempat kejadian untuk melakukan upaya evakuasi. Setibanya di lokasi, tim melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait (Basarnas, Polsek dan masyarakat sekitar) dalam upaya penanganan konflik ini.

Saat di temukan oleh tim, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia. Korban yang meninggal tersebut bernama (Bpk Melkias, 52 Thn). Selanjutnya korban dievakuasi ke BLUD Konawe selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga kemudian di bawa menuju rumah duka.

Selain melakukan evakuasi, tim memberikan informasi tentang habitat buaya yang semakin berkurang bahkan sudah rusak akibat dari ulah tangan manusia seperti pembalakan liar didaerah sungai atau muara sehingga mengganggu buaya-buaya yang hidup di sekitarnya. Tim juga mengajak masyarakat untuk menjaga habitat buaya karena buaya merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999 jika kita tidak mengganggu habitat buaya pasti buaya pun tidak akan mengganggu kita.

 

Sumber:  Balai KSDA Sulawesi Tenggara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini