Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Ke-36 di Sulawesi Tengah

Senin, 18 Maret 2019

Palu, 18 Maret 2019. Dalam memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-36 tahun 2019 lingkup Provinsi Sulawesi Tengah yang diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang ada di Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Palu dan Dinas Kehutanan serta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan peringatan ini dilaksanakan secara sederhana dengan melibatkan rimbawan/rimbawati yang bertugas di Provinsi Sulawesi Tengah untuk memperkokoh jiwa korsa rimbawan.

Rangkaian kegiatan Hari Bakti Rimbawan ini dimulai pada tanggal 11 s.d 18 Maret 2018 melalui serangkaian pertandingan dan perlombaan yaitu bola volly, tenis meja, badminton dan futsal serta pelaksanaan kegiatan penanaman pohon pada kawasan UPT Tahura di Ngatabaru, donor darah, bakti sosial pembagian 2 ton beras di titik-titik pengungsian wilayah Sigi dan Donggala.

Mengusung tema Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”, puncak kegiatan Hari Bhakti Rimbawan di Sulteng ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 18 Maret 2019 di kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc dilaksanakan dengan tertib dan khidmat oleh seluruh peserta upacara. Dalam sambutannya Bunga Elim Somba, menyampaikan sambutan Menteri LHK yang antara lain menekankan di tahun 2019 dilakukan gerakan penanaman secara nasional di seluruh Indonesia. Rehabilitasi dan penanaman pohon diorientasikan untuk penyelamatan danau, penyelamatan dam/waduk, pemukiman serta menjaga keindahan alam sekaligus untuk perluasan kesempatan kerja, serta penyediaan kayu rakyat dan berbagai manfaat ekonomi lainnya bagi tabungan masyarakat di masa depan. Reklamasi dan rehabilitasi lahan dilakukan pada 15 Daerah Aliran Sungai (DAS), 15 danau dan wilayah bagian hulu dam pada sebanyak 65 lokasi.

Sebagai penutup pidato, Menteri LHK menghimbau agar peringatan ini menjadi tempat rimbawan untuk melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Penyampaian pemenang lomba dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada akhir pelaksanaan upacara. Khusus Balai Besar TN Lore Lindu keluar sebagai juara 1 untuk bola volly putri, juara 2 dan 3 untuk badminton, juara 2 untuk tenis meja serta juara 3 untuk futsal.

 

Sumber : Balai Besar TN Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini