Apel Serentak Hari Bakti Rimbawan Ke 36 Tahun 2019

Senin, 18 Maret 2019

Labuan, 18 Maret 2019. Karyawan Balai TN. Ujung Kulon melaksanakan apel Hari Bakti Rimbawan Ke 36 Tahun 2019 dengan tema "Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat". Apel dipimpin oleh Bapak KSBTU Ir. Agus Bambang Haryono dan diikuti oelh seluruh ASN lingkup kantor Balai TN. Ujung Kulon di Labuan.

Dalam kesempatan tersebut pemimpin apel membacakan amanat Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dalam Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 36 Tahun 2019. Salah satu point yang disampaikan dalam amanat tersebut adalah upaya penataan ulang alokasi sumberdaya hutan salah satunya dengan mengedepankan ijin akses bagi masyarakat dengan hutan sosial atau yang lebih dikenal sebagai kemitraan konservasi di TN. Ujung Kulon.

Saat ini lahan garapan didalam kawasan TN. Ujung Kulon seluas kurang lebih 1.117 Ha telah dinaungi dengan Perjanjian Kemitraan Konservasi. Dalam skema kemitraan konservasi, petani tetap dapat menggarap lahan dengan mengikuti aturan yang berlaku. Aturan tersebut antara lain lahan garapan tidak dapat diperluas dan tidak diperbolehkan menebang pohon.

Melalui skema kemitraan konservasi, masyarakat yang menggarap di dalam kawasan TN. Ujung Kulon diberikan akses pemanfaatan sumberdaya alam berupa pemanfaatan jasa lingkungan dan pengolahan hasil hutan bukan kayu seperti aren, bambu, madu hutan, jengkol, dan petai. Masyarakat sekitar juga didorong untuk mengoptimalkan sumberdaya alam yang ada di desa untuk membantu meningkatkan pendapatannya.

Kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 36 Tahun 2019 telah dimulai dengan penanaman 1.250 batang pohon di lingkungan dan halaman Kantor Balai dan SPTN lingkup Balai TN. Ujung Kulon. Semoga para rimbawan seluruh Indonesia, khususnya rimbawan di TN. Ujung Kulon tetap berdedikasi dalam menjaga lingkungan dan hutan kita.

Selamat Hari Bakti Rimbawan!!!

Sumber : Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini