Puncak Acara Hari Bakti Rimbawan TN Matalawa Pulihkan Mangrove Walakiri

Senin, 18 Maret 2019

Waingapu. 16 Maret 2019. Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti  (TN Matalawa) telah selesai menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati  Hari Bakti Rimbawan yang Ke 36 tahun. Kegiatan yang digelar  berupa perlombaan antar Instansi baik pemerintah daerah, BUMN dan para Mitra Taman Nasional. Puncak Acara dari kegiatan ini adalah  Upacara Peringatan Hari Bakti Rimbawan dan dilanjutkan dengan Penanaman Bibit Bakau bersama serta aksi bersih sampah di sepanjang pantai Walakiri, adapun  acara ini dihadiri oleh Umbu Lili Pekuwali ST., MT selaku Wakil Bupati Sumba Timur sekaligus sebagai Pembina Upacara.

Pemilihan lokasi pada puncak acara peringatan Hari Bakti Rimbawan di pusatkan pada  pantai Walakiri, mengingat lokasi ini merupakan wilayah  pesisir pantai yang memiliki kawasan hutan mangrove yang sudah mulai terdegradasi akibat dari berbagai aktifitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu Balai Taman Nasional Matalawa menginisiasi dengan melakukan penanaman bibit dengan jenis “bakau menari” yang keberadaan populasi di alam semakin mengkhawatirkan.  Dengan menggandeng masyarakat dan Instansi Pemerintah Daerah, TN Matalawa berhasil membudidayakan jenis ini,  dengan  jumlah anakan lebih dari 150 anakan.  Aksi penanaman ini diawali oleh Wakil Bupati Sumba Timur dan Kepala Balai TN Matalawa serta para tamu undangan dilanjutkan oleh seluruh pegawai dan sekolah perwakilan Kabupaten Sumba Timur.

Kepala Balai TN Matalawa,  Ir. Memen Suparman, MM menyebutkan bahwa serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan di harapkan mampu mendorong dan mempertahankan semangat kerja para Rimbawan yang ada di TN Matalawa dan para Rimbawan se pulau Sumba pada umumnya untuk terus berkarya dalam mengelola kawasan hutan yang tersisa di Pulau Sumba.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini