GERBANGMAS Menumbuhkan Semangat dan Wawasan Korservasi di Jayapura

Senin, 18 Maret 2019

Jayapura, 16 Maret 2019. Panitia Hari Bakti Rimbawan UPT KLHK dan Dinas Kehutanan Provinsi Papua telah melangsungkan kegiatan Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (GERBANGMAS) pada Sabtu, 16 Maret 2019. Kegiatan ini dikoordinir oleh Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) Pengurus Daerah Papua, dan merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-36.

Lokasi kegiatan adalah lingkungan sekolah SMPN 8 Kota Jayapura, Koya Barat, dan Jalan Raya Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Pihak-pihak yang hadir antara lain Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Kepala Balai Besar KSDA Papua bersama semua staf, Kepala UPT KLHK Provinsi Papua, P3E Papua, TNI, Siswa dan guru SMPN 08 Kota Jayapura, Kepala KPH Kota Jayapura, IKA SKMA Jayapura, Saka Wana Bhakti, dan masyarakat umum. Jumlah keseluruhan peserta mencapai 400 orang.  

Adapun bibit yang ditanam sebanyak 1.500 dari jenis pohon trembesi (Samanea saman) dan pucuk merah (Syzygium oleana). Jumlah tersebut merupakan bagian dari target penanaman sebanyak 6000 pohon selama tahun 2019 oleh IKA SKMA Pengda Papua.

Tujuan kegiatan ini tertera dalam naskah sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat IKA SKMA, yaitu menambah tutupan lahan untuk mencegah bencana banjr dan longsor, konservasi keanekaragaman hayati (biodiversity), penyerapan karbon untuk mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim, memulihkan kondisi lingkungan pada skala mikro, dan mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air bersih untuk kesejahteraan masyarakat melalui penanaman MPTS (Multipurpose Tree Species).  

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si. memberikan arahan pada momentum apel kegiatan, “Ini kita laksanakan di lingkup sekolah dalam rangka menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini bagi siswa-siswa, khususnya SMPN 8 Kota Jayapura. Mudah-mudahan kegiatan ini juga bisa memberikan dampak baik yang lebih luas bagi semua masyarakat di Distrik Muara Tami.”

Lebih lanjut beliau menyampaikan kepada semua rimbawan di Papua agar mengenang dan meneladani para rimbawan Papua terdahulu dalam membangun serta mengelola hutan dan kehutanan di Provinsi Papua. []

Sumber            : BBKSDA Papua

Call Center      : 0823-9802-9978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini