Rayakan Hari Bakti Rimbawan, BKSDA Sultra Tanam Pohon di Tahura Nipa - Nipa

Sabtu, 16 Maret 2019

Kendari, 16 Maret 2019. Peringati Hari Bakti Rimbawan ke 36, Balai KSDA Sulawesi Tenggara bersama rimbawan se Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Raya (Tahura) Nipa-Nipa.

Tema Hari Bakti Rimbawan ke 36 ini yaitu “Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 16 Maret 2019, bertempat di Tahura Nipa-Nipa Kabupaten Konawe diikuti oleh segenap rimbawan se provinsi Sulawesi Tenggara antara lain Dinas Kehutanan, BKSDA Sulawesi Tenggara, BPDAS HL Sampara, BPKH XXII Kendari, TN. Rawa Aopa Watumohai,  TN. Wakatobi, Dinas Lingkungan Hidup, IKA SKMA Provinsi Sulawesi Tenggara, KPH Lingkup wilayah Sulawesi Tenggara, UNHALU, Koramil Soropia, Polsek Soropia, Kecamatan Soropia, Pramuka, Kader Konservasi dan masyarakat sekitar Tahura Nipa-Nipa (Desa Bajo Indah) dengan jumlah sekitar 250 orang.

Sebelum penanaman pohon, kegiatan dimulai dengan sambutan dan arahan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Bpk. Ir. H. Rusbandriyo, MP). Dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini di provinsi Sulawesi Tenggara terdapat ± 900.000 Ha lahan kritis. Oleh karena itu sebagai rimbawan kita harus barpartisipasi aktif dalam mengelola lahan kritis, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon pada lahan kritis tersebut.  Dan sesuai dengan tema hari bakti rimbawan semoga pohon yang kita tanam ini kelak dapat mensejahterakan masyarakat sekitar Tahura Nipa-Nipa dan menjadikan lingkungan sekitar selalu sehat. Adapun jenis-jenis pohon yang ditanam yaitu : kayu kuku (Pericopsis mooniana), sengon (Albizia chinensis), jati (Tectona grandhis), bitti (Vitex cofassus), gaharu papua (Aquilaria sp), Jabon (Neolamarckia cadamba), Mahoni (Swietenia mahagoni), angsana (Pterocarpus indicus) dan dua jenis tanaman MPTS (Multi purpose Tree Species) yakni rambutan (Nephelium lapppaceum) dan durian (Durio zibethinus). Luas Areal penanaman yakni 1,5 Ha dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.200 pohon. 

Pada kesempatan ini pula BKSDA Sulawesi Tenggara bersama seluruh rimbawan di Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan Selamat Hari Bakti Rimbawan ke 36 dan Salam Rimbawan.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tenggara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini