HBR ke 36, Balai TN Way Kambas Bersama Rimbawan Lampung Hijaukan Pantai Timur

Minggu, 17 Maret 2019

Kuala Penet, 16 Maret 2019. Memperingati Hari Bhakti Rimbawan (HBR) ke 36 (16/3/19) Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) melakukan kegiatan Gerakan Menanam bersama dengan melakukan penanaman pohon mangrove di pantai Kuala Penet Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) III Kuala Penet.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Balai TNWK ini diikuti oleh para rimbawan Lampung antara lain: seluruh pejabat dan staf Balai TNWK, BPDASHL WSS, BPHP, BPKH, KPH Gunung Balak, TNI AL, Koramil Labuhan Maringgai, Polairud, Polsek Labuhan Maringgai, mitra kerja (WCS, YABI, AlerT, PKHS, KHS, AURIGA), Pramuka Saka wanabakti, IKA SKMA Lampung dan Masyarakat KTH dengan jumlah peserta sekitar 200an orang.

Sebelum kegiatan penanaman, acara didahului dengan Apel yang dipimpin langsung oleh Ka. Balai TNWK, Subakir, SH. MH. Dalam arahannya beliau berpesan kepada seluruh rimbawan agar kegiatan pada hari ini tidak hanya sekedar seremonial, setelah penanaman ini diminta kepada pemangku wilayah (Resort Kuala Penet) untuk mengawasi dan menjaganya.

Kegiatan penanaman ini direncanakan akan berlangsung selama 2 hari (16-17 Maret 2019) dengan jumlah bibit 12.000 batang dengan luas lahan 30 ha. Bibit disediakan oleh BPDASHL WSS Lampung. Ka. Balai BPDAS dalam kesempatan ini mengenalkan bibit mangrove ramah lingkungan, yang menggunakan media tanam ramah lingkungan (gelas bekas air mineral). Bibit ini juga dapat hidup dengan hanya dilempar setelah dibuka medianya. Beliau juga membuat perlombaan melempar bibit bagi peserta dari Pramuka saka wana bakti, bagi peserta yang berhasil melempar paling jauh akan mendapatkan hadiah dari Ka. Balai TNWK dan Ka. Balai BPDASHL WSS.

TNWK bersama BPDASHL WSS akan melakukan penanaman kembali pantai timur TNWK sepanjang 75 km yang mulai terdegradasi. BPDASHL WSS akan menindaklanjuti kegiatan hari ini dengan membuat program penghijauan di sepanjang pantai timur TNWK. Mangrove ini salah satunya berfungsi untuk melindungi kita dari hempasan gelombang pasang dan juga dari tsunami.

Seluruh pimpinan dan staf TNI. Way Kambas bersama Rimbawan Lampung mengucapkan Selamat Hari Bhakti Rimbawan ke 36 dan Salam Konservasi.

Sumber: Humas Balai Taman Nasional Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini