TaNa Bentarum Hijaukan Rumah Adat Melayu

Sabtu, 16 Maret 2019

Putussibau, 16 Maret 2019. Masih dalam rangkaian Hari Bhakti Rimbawan, Balai Besar TaNa Bentarum melaksanakan kegiatan penanaman di halaman Rumah Adat Melayu Kabupaten Kapuas Hulu. Sebanyak 50 tanaman dari jenis Rambutan, Jengkol dan Petai akan ditanam. Penanaman melibatkan unsur Pegawai dan Dharma Wanita Balai Besar TaNa Bentarum, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu Kesatuan Pengelolaan Hutan Lingkup Kapuas Hulu, Mitra-mitra, NGO, Saka Wana Bhakti, Saka Bhayangkara, Saka Kalpataru, Pramuka Kwarcab Kapuas hulu. Penanaman dilaksanakan mulai pukul 07.30 di Halaman Rumah Adat Melayu Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Arief Mahmud menyampaikan “Acara ini merupakan rangkaian Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2019, budaya menanam dan merawat tanaman harus kita tanamkan sejak dini. Sebagai rimbawan kita harus menjadi pelopor gerakan menanam di lingkungan kita, ini sejalan dengan tema hari Bhakti Rimbawan tahun ini yaitu Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat. Setelah penanaman di Rumah Adat Melayu akan dilaksanakan penanaman 500 pohon Aren di Desa Padua Mendalam”.

Pemilihan lokasi di Rumah Adat Melayu diharapkan dapat menjadi wujud berbaurnya budaya dan alam. “Kelestarian alam dan lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama, menjadi tanggung jawab kita untuk memastikan anak cucu kita masih dapat menikmati alam yang lestari, mari kita menanam untuk masa depan”, pungkas Arief.

Perwakilan Pengurus Masyarakat Adat Melayu, Muslimat menyampaikan “Semoga kegiatan ini menjadi amal ibadah kita, kami akan menjaga tanaman dengan sekuat daya kami”.

Rangkaian Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2019 dimulai pada tanggal 15 Maret 2019 dengan aksi donor darah, penanaman pohon, lomba-lomba, jalan sehat dan diakhiri Upacara peringatan Hari Bhakti Rimbawan pada 18 Maret 2019.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini