Penandatangan Perjanjian Kerjasama Strategis antara Balai Besar Tana Bentarum dengan PT Telkomsel

Selasa, 12 Maret 2019

Balikpapan, 12 Maret 2019. Starting point kerja sama antara Direktorat Jenderal KSDAE melalui Balai Besar TaNa Bentarum dengan PT. Telkomsel dimulai dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama yang bersifat strategis di Hotel Maxone Balikpapan. Proses kerjasama ini sebenarnya telah melalui proses yang sangat panjang, yaitu bermula dari temuan audit BPK RI (tahun 2006) terhadap keberadaan tower (BTS) PT. Telkomsel di kawasan konservasi TN Danau Sentarum tepatnya di Desa Vega Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Temuan audit ini merupakan “Pekerjaan Rumah” bagi Balai Taman Nasional Danau Sentarum sebelum bergabung dengan Balai Besar TaNa Bentarum pada Tahun 2016, sehingga ketika terjadi penggabungan dua institusi tersebut maka temuan ini menjadi salah satu prioritas yang harus segera diselesaikan oleh pengelola kawasan.

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum atas nama Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Arief Mahmud menyatakan bahwa, “Bagi kami, kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama hari ini bukan hanya sekedar menuntaskan temuan audit BPK RI tapi lebih dari itu adalah sebagai starting point bagi Balai Besar TaNa Bentarum dan PT. Telkomsel untuk memulai kerja sama dalam pengelolaan kawasan yang bersifat strategis."

“Keberadaan tower (BTS) di dalam kawasan TNDS dari sisi PT. Telkomsel tentu diharapkan dapat memberikan benefit dari sisi bisnis, dan di sisi lain bagi Balai Besar TaNa Bentarum tentunya kerja sama ini akan memberikan kontribusi bagi pengelolaan kawasan untuk mencapai tujuan-tujuan konservasi sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya, yaitu mengusahakan terwujudnya kelestarian sumber daya alam hayati serta keseimbangan ekosistemnya sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia", tambah Arief

Pada kesempatan ini Vice President ICT Network Management Area Pamasuka PT. Telkomsel, Samuel Pasaribu menyambut baik pelaksanaan kegiatan penandatanganan kerja sama ini, “kami sangat senang akhirnya proses panjang ini dapat diselesaikan dengan baik dan ini merupakan bagian dari langkah strategis PT. Telkomsel untuk melegalkan secara formal semua asset PT. Telkomsel yang ada di kawasan konservasi, sehingga kami ke depan lebih yakin dan mantap dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan bagi kepentingan masyarakat.”

Dalam rangka mewujudkan kerja sama yang bermanfaat bagi kedua belah pihak, Balai Besar TaNa Bentarum dan PT. Telokomsel pada kesempatan ini juga telah menetapkan kegiatan-kegiatan prioritas yang mendukung indeks kinerja pengelolaan kawasan. Kegiatan-kegiatan ini dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perjanjian kerja sama ini. Kegiatan-kegiatan yang tertuang dalam RPP dan RKT ini diharapkan bisa menjadi filling the gap bagi program dan kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan secara rutin oleh Balai Besar TaNa Bentarum. Beberapa kegiatan yang akan di-support dari kerja sama ini adalah kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan berbasis masyarakat, dengan prioritas kelompok-kelompok masyarakat Desa Vega, yaitu Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP).

Kegiatan pelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, dengan prioritas eksplorasi dan monitoring satwa-satwa terancam punah seperti; Langur Borneo (Presbytis chrysomelas ssp), Buaya Senyulong (Tomistoma  schlegelii), dan Burung Migran. Kegiatan pemberdayaan  masyarakat, dengan prioritas pengembangan wisata alam di sekitar Bukit Vega. Promosi kawasan, dengan prioritas promosi wisata dan event-event yang dapat meningkatkan kunjungan ke dalam kawasan TNDS seperti Festival Danau Sentarum, pencetakan kartu perdana Telkomsel dengan gambar kawasan atau satwa penting dalam kawasan (Ikan Arwana dan Langur Borneo). Serta kegiatan dukungan manajemen, dengan prioritas kegiatan-kegiatan yang mendukung monitoring dan evaluasi pengelolaan kawasan dalam konteks kerja sama dengan PT. Telkomsel.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini