Pusat Informasi Keanekaragaman Hayati Papua Barat, for Learning Center of West Papuan Biodiversity

Senin, 11 Maret 2019

Sorong, 11 Maret 2019. Provinsi Papua Barat memiliki potensi keanekaragaman hayati yang tinggi. Data yang ada saat ini masih tersebar di berbagai stakeholders, sehingga perlu dikumpulkan di dalam suatu tempat. Diinisiasi oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat (BBKSDA Papua Barat), Gedung Pusat Informasi Keanekaragaman Hayati di Kota Waisai Kabupaten Raja Ampat berhasil dibangun pada tahun 2018 pada wilayah kerja Seksi Konservasi Wilayah I Waisai, Bidang KSDA Wilayah I Sorong BBKSDA Papua Barat.

Gedung Pusat Informasi Keanekaragaman Hayati akhirnya  diresmikan pada tanggal 5 Maret 2019 oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian LHK yang menugaskan Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi  Alam Ir. Listya Kusumawardhani M.Sc, didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Raja Ampat Noak Komboy, S.H, M.Si yang mewakili Bupati Raja Ampat  serta Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat Ir. Basar Manullang M.M.

Pusat Informasi Keanekaragaman Hayati ini  dibangun sebagai  pusat informasi keanekaragaman  hayati di Pulau Papua khususnya Kabupaten Raja Ampat sekaligus sebagai sarana edukasi, informasi wisata alam, pemutaran film konservasi dan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, dan sebagai wadah untuk berkomunikasi antar stakeholders.

Kedepannya, informasi yang akan ditampilkan merupakan informasi mengenai keanekaragaman hayati di Papua Barat pada umumnya, serta Kabupaten Raja Ampat pada khususnya. Berbagai instansi dan stakeholders dapat menyimpan dan mempublikasikan informasi mengenai biodiversitas di tanah surga ini.

Gedung ini tidak hanya terbatas untuk Balai Besar KSDA Papua Barat namun untuk semua pelaku konservasi baik Pemerintah Daerah Raja Ampat, NGO, dan instansi lainnya dalam rangka untuk informasi dan promosi potensi keanekaragaman hayati  sekaligus menarik minat wisatawan baik dalam dan luar negeri.

    

Sumber : Balai Besar KSDA Papua Barat
     Dok. : Selviana M  & Reza Saputra

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini