Tengok Peran Aktif Balai TN Kepulauan Togean Bakti Sosial Sehari Tanpa Sampah

Senin, 11 Maret 2019

Ampana, 8 Maret 2019. Balai TN Kepulauan Togean ikut serta berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Kegiatan serempak dilaksanakan di 15 titik lokasi di Kabupaten Tojo Una-Una pada hari ini Jumat tanggal 08 Maret 2019 dari pukul 06.00 WITA hingga selesai. Bakti Sosial Sehari Tanpa Sampah ini dipelopori oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una dalam rangka menindaklanjuti Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah bersih-bersih. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh OPD, Instansi Vertikal, PKK, Dharmawanita, Ormas, Guru beserta OSIS/Pramuka Lingkup Tojo Una-Una dan KNPI Kabupaten Tojo Una-Una.

Titik Lokasi TNKT dalam pelaksanaan Bakti sosial tersebut adalah di Desa Labuan bekerjasama dengan Darmawanita Kabupaten Tojo Una-Una, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan LH, Dinas Sosial serta masyarakat disekitar Desa Labuan dan dihadiri pula oleh seluruh pegawai Lingkup Balai TNKT. Jumlah Partisipan yang hadir dalam pelaksaan kegiatan dimaksud ±100 orang.  Sampah-sampah yang telah terkumpul dikumpulkan menjadi satu lalu diangkut menggunakan truk sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Tojo Una-Una.

Ir. Bustang menyatakan bahwa Pemerintah juga telah menetapkan target untuk sampah dikelola 100% pada tahun 2025, dengan pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70%. Angka pengurangan sampah sebesar 30% memberikan makna bahwa paradigma pengelolaan sampah memberikan titik tekan pada kebijakan up-stream (hulu), dengan mindset 3R (reduce, reuse, recycle).

Sumber : Mega Putri A. - Penyuluh Muda Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini