Aksi Bersih Sampah Balai Taman Nasional Manusela dalam rangka memperingati HPSN 2019

Jumat, 08 Maret 2019

Masohi, 8 Maret 2019. Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Taman Nasional Manusela melakukan Aksi Bersih sampah pada tanggal 4-6 Maret 2019. Pada aksi bersih ditargetkan membersihkan jalan trans seram sepanjang 44,7 km yang merupakan kawasan zona khusus berupa jalan sebagai penghubung antar kabupaten di kawasan Taman Nasional Manusela. Pembersihan dibagi di dua lokasi jalan yang melintasi kawasan TN Manusela yaitu jalan trans seram dari gerbang SS-Resort Masihulan sepanjang 34,7 km dan jalan trans Seram Wahai-Sasarata 10 km serta pantai Faung dan sekitarnya.

Kegiatan ini diikuti 240 peserta yang terdiri dari Pegawai lingkup Balai TN. Manusela, Masyarakat Mitra Polhut, Dosen dan Mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon, Guru dan Siswa SMK Kehutanan Negeri Manokwari, serta Aparat TNI. Terbagi dalam dua kelompok lokasi yaitu sebanyak 193 Peserta di jalan Trans Seram dari gerbang SS-Resort Masihulan dan 47 peserta jalan trans Seram Wahai-Sasarata dan Pantai Faung.

Kegiatan dimulai dengan upacara pengibaran bendera sekaligus pembukaan acara dan pembacaan kata sambutan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya oleh Kepala Balai Taman Nasional Manusela Dr. Ivan Yusfi Noor. Pesan tersebut menekankan perlunya pengelolaan sampah yang baik sehingga pengelolaan sampah dapat ditingkatkan. Tak lupa juga Ibu Menteri LHK memberikan ucapan terimakasih kepada peserta yang terlibat dalam aksi bersih sampah ini.

Pada kegiatan aksi bersih sampah yang dilakukan, peserta dapat mengumpulkan 2,098 ton sampah, meliputi 1,897 kg sampah di jalan trans seram SS-kantor resort masihulan, 75 kg sampah di jalan trans seram Wahai-sasarata serata 136 kg di Pantai Faung.

Berdasarkan kategori sampah yang telah dipilah yaitu sampah botol plastik besar ukuran 1500 ml (BPB), botol plastik sedang 600 ml (BPS), botol plastik kecil 200 - 300 ml (BPK), botol kaca (BK), minuman kaleng (MK), plastik minuman gelas 200-220 ml (PMG), plastik kresek (PK), kertas(K), kain (KN), bungkus rokok (BR), minuman Kaleng (MK) dan kantong semen(KS), serta sampah jenis lainnya diluar kategori, sampah yang paling banyak adalah sampah BPS sejumlah 7.389 pcs sampah, disusul PK berbagai ukuran sejumlah 7.082 pcs, PMG 5.339 pcs sampah, BR 1861 pcs, BPK 1.440 pcs, MK 918 pcs, KS 822 pcs, BPB 631 pcs, K 613 pcs, KN 330 pcs, BK 280pcs. Sedangkan untuk jumlah sampah dengan kategori lainnya sejumlah 24.069 pcs sampah.

 

Selain membersihkan sampah di sepanjang jalan, peserta aksi juga melakukan sosialisasi mengenai pentingnya mengelola sampah dan melakukan himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di sepanjang zona khusus jalan taman nasional manusela kepada pengendara dan penumpang yang melalui jalan, tak lupa juga membagi stiker yang berisi himbauan.

Sumber : Balai Taman Nasional Manusela

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini