Pelatihan Penggunaan Aplikasi SIMRELI  

Jumat, 08 Maret 2019

Palu, 8 Maret 2019. Setelah diakhir bulan Januari 2019 Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) launching Aplikasi SIMRELI (Sistem Informasi Manajemen Lore Lindu), tanggal 5 - 6 Maret 2019 silam BBTNLL melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi SIMRELI bagi Pegawai Lingkup TNLL, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Tenaga Pengamanan Hutan Lainnya (TPHL), Tenaga Kontrak lainnya, Konsultan dan Fasilitator Desa Forest Programme III (KFW), personil Project EPASS dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 lingkup Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (8/3). Aplikasi SIMRELI merupakan aplikasi berbasis web dan mobile yang dikembangkan khusus untuk membantu pengelolaan data konservasi. 

Pelatihan ini difasilitasi oleh Forest Programme III (KFW) melalui PT. DES Teknologi Informasi (Desnet) dan juga sebagai narasumbernya.  Kepala BBTNLL, Ir. Jusman membuka langsung acara dan memberikan arahan bahwa aplikasi SIMRELI ini merupakan aplikasi yang kedepannya diharapkan dapat membantu dan mempermudah personil lingkup BBTNLL dalam melakukan pengumpulan data dan pelaporan kegiatannya. Jusman juga menjelaskan bahwa SIMRELI terbuka untuk masukan dari berbagai pihak terkait upgrade dan penyempurnaan aplikasi, semua masukan akan ditampung dan difasilitasi ujar Jusman. Seluruh pegawai sudah harus mulai mencoba menggunakan aplikasi pada tiap kegiatan dan aktivitas yang dilaksanakan, bahkan diharapkan sampai ke tingkat tapak, personil sudah mampu menggunakan aplikasi ini dan juga termasuk bagi Admin SIMRELI agar memahami alur pelaporan dan rekap datanya tegas Jusman.

Agenda pelatihan ini berlanjut ke pemaparan mengenai tujuan, dasar dan bagaimana cara menggunakan aplikasi SIMRELI yang disampaikan oleh pihak Desnet selaku mitra BBTNLL dalam pembuatan dan pengembangan SIMRELI. Pelatihan berjalan lancar dan aktif terlihat dari diskusi dan tanya jawab diantara pemapar dan peserta pelatihan. Aplikasi SIMRELI ini dalam perkembangannya diharapkan dapat pula digunakan oleh para peneliti dan pengunjung kawasan TNLL yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan pelaporan kunjungan ke kawasan TNLL terutama terkait dengan penelitian sehingga kedepannya data yang dikumpulkan dan data yang tersimpan di server SIMRELI akan sangat berguna untuk manajemen pengelolaan TNLL.

Pada pelatihan ini juga dirangkaikan dengan pembagian 12 (dua belas) unit smartphone kepada tiap Kepala Resort lingkup BBTNLL yang difasilitasi oleh Forest Programme III (KFW) dalam rangka mendukung optimalisasi pengelolaan Taman Nasional Lore Lindu khususnya melalui aplikasi SIMRELI.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini