Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Camp Granit

Jumat, 08 Maret 2019

Belilas, 6 Maret 2019. Memperingati Hari Kelola Sampah Nasional 2019, di Camp Granit, 4 Maret 2019. Kegiatan diinisiasi oleh Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) bersama dengan pihak lain dari unsur mitra kerja, mahasiswa, pelajar, Mapala, Sispala dan masyarakat umum, mengusung tema “Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai”. Apel pagi dipimpin oleh Kepala Balai diikuti oleh para pejabat Eselon IV dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta tenaga kontrak Balai TNBT, yang dikoordinir oleh Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah Taman Nasional Wilayah II Belilas Riau. Kegiatan yang sama dilaksanakan di 74 titik di seluruh Indonesia di Taman Nasional dan Taman Wisata Alam.

Dalam apel pagi, pasca pembacaan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dilanjutkan menyanyikan lagu Seruan Rimba untuk menggiring semangat para peserta aksi bersih sampah. Pembersihan sampah pun dimulai di seputaran Camp Granit, selanjutnya menyusuri track menuju Danau Muun dan Air Terjun.

Peserta aksi bersih sampah berjumlah 80 orang.  Ucapan terima kasih disampaikan kepada para pihak yang telah berpartisipasi, meliputi Pimpinan Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera (PKHS), Mahasiswa-mahasiswi Kehutanan Universitas Riau, Guru dan Pelajar/ Paskibra SMK Negeri I Batang Gansal, Mapala OASIS STIE Indragiri, BRIMASPALA UNISI Tembilahan, Sispala Ospalindup dan masyarakat sekitar.

Dari hasil aksi bersih sampah telah terkumpul sebanyak 106 Kg, yang terdiri dari 50 kg sampah organik dan 56 sampah non organik berupa plastik botol minuman dan makanan ringan. Sampah botol minum diolah untuk dijadikan wadah media tanam Anggrek dan dipajang sebagai penghias di pondok wisata Camp Granit.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Penanggung Jawab Berita :

Koordinator Bagian Data, Evlap dan Humas

Astri Meirani Mulyono Putri  -  0812-2968-597

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini