Buka Kembali, TWA Wera Gelar Aksi Bersih Sampah 2019

Rabu, 06 Maret 2019

Palu, 5 Maret 2019. Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari, tahun ini merupakan momentum seluruh pihak untuk mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian dalam pengelolaan sampah. Peringatan HPSN tahun 2019 dilaksanakan UPT  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara serempak pada tanggal 4 Maret 2019. Balai KSDA Sulawesi Tengah memusatkan kegiatan HPSN 2019 di TWA Wera Kecamatan Dolo Barat  diikuti seksi dan resort pada wilayah kerjanya masing-masing. 

Kegiatan diawali dengan Apel bersama yang dilanjutkan dengan aksi bersih sampah di TWA Wera yang dilakukan bersama multi pihak, yaitu Kepala BKSDA Sulawesi Tengah dan staf, Camat Dolo Barat dan Staf, Kapolsel Dolo Barat dan Babinkamtibmas, Kepala Desa Kaluku Tinggu dan Kepala Desa Balumpewa beserta perwakilan masyarakatnya, Tokoh agama dan Tokoh Pemuda, Mahasiswa KKN Universitas Tadulako, Kader Konservasi (Perwakilan KPA di sekitar TWA Wera), Kelompok Pemandu Wisata dan MMP yang jumlahnya kurang lebih 250 peserta.

Total sampah anorganik yang berhasil dikumpulkan sebanyak 62 Kg dari masing-masing lokasi bersih sampah yaitu di TWA Wera yang terdiri dari : Kaca (4 Kg), wadah plastic (22 kg), botol pastik (7 kg), Kaleng bekas (3 kg), dan TWA Bancea yang terdiri dari : Kaca (7 Kg), wadah plastik (11 kg), botol pastik (6 kg), dan Kaleng bekas (2 kg).

Tak hanya bersih sampah, kegiatan juga dirangkaikan dengan pembukaan kembali Taman Wisata Alam Wera pasca terjadinya Gempa Bumi dan Likuifaksi pada tanggal 28 September 2018 lalu. Salah satu acaranya yaitu penandatanganan Berita Acara Kesepahaman dan kesepakatan pengelolaan bersawa TWA Wera oleh Camat Dolo Barat, Kades Balumpewa, Kades Kaluku Tinggu dan Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah. Penandatanganan BA kesepahaman dan kesepakatan ini sebagai wujud penerimaan masyarakat masyarakat Desa Balumpewa terhadap BKSDA Sulawesi Tengah yang selama ini ditolak oleh masyarakat Desa Balumpewa.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini