Memperingati HPSN 2019 di TWA Teluk Youtefa

Rabu, 06 Maret 2019

Jayapura, 4 Maret 2019. Gerakan Indonesia bersih merupakan salah satu komponen Gerakan Revolusi Mental sebagaimana Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 di kawasan konservasi dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 4 Maret 2019. Balai Besar KSDA Papua bersama Pemerintah Kota Jayapura, UPT KLHK, BUMD/BUMN, Organisasi Perangkat Daerah, TNI/Polri, akademisi, komunitas peduli sampah, Sakawanabakti dan masyarakat melakukan aksi bersih sampah di Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Youtefa.

Peringatan HPSN ini bertujuan, antara lain, membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah. Aksi bersih sampah yang dilaksanakan di TWA Teluk Youtefa bertujuan mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial. Aksi bersih sampah di kawasan TWA Teluk Youtefa dipusatkan pada tiga titik yaitu Pantai Hamadi, Pulau Metu Debi, dan Muara Kali Hanyaan.

Kegiatan ini diikuti oleh 450 peserta, dan dibagikan tumbler/tempat minum dari Kementerian LHK. Jumlah sampah yang dapat terkumpulkan sebanyak 2.562 kg yang terdiri dari sampah kaca sebanyak 472 kg, sampah campuran 1.928 kg dan sampah plastik 162 kg dengan sebaran luasan yang terjangkau dibersihkan sekitar 60 hektar. Setelah sampah terkumpul selanjutnya diangkut oleh Bank Sampah Waniambey Jayapura untuk olah lebih lanjut.

Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan aksi bersih sampah di TWA Teluk Youtefa. Walikota Jayapura sudah mengeluarkan instruksi agar masyarakat tidak menggunakan kantong plastik, tetapi menyediakan noken atau kantong non plastik sebagai pengganti tempat berbelanja di toko-toko atau mall di Jayapura. Di sela-sela acara, dilakukan teleconference antara Walikota Jayapura dengan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Siti Nurbaya, yang menghadiri puncak perayaan HPSN di kawasan konservasi TWA Muara Angke Jakarta. Menteri LHK meyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Walikota Jayapura beserta jajarannya, Balai Besar KSDA Papua, dan semua pihak yang sudah mendukung pelaksanaan aksi bersih sampah di kawasan TWA Teluk Youtefa.

Pada kesempatan yang sama Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut, M,Si menyampaikan bahwa aksi bersih sampah di kawasan konservasi TWA Teluk Youtefa sebagai salah satu bentuk dukungan nyata kepada Pemerintahan Kota Jayapura dalam menjaga kebersihan kawasan. Aksi bersih sampah ini juga diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk sadar dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Beliau juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Walikota Jayapura dan jajarannya, serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan aksi bersih sampah tahun 2019.

Sumber : Balai Besar KSDA Papua  

Call Center BBKSDA Papua :
082398029978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini