Aksi Bersih Gunung Merbabu pada Puncak HPSN 2019

Selasa, 05 Maret 2019

Gunung Merbabu, 4 Maret 2019. Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Balai Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu bersama mitra melakukan aksi bersih gunung yang serentak dilaksanakan di 3 lokasi, yaitu Wisata Umbul Songo, Jalur Pendakian Selo, Wisata Grenden dan Wisata Top Selfie. Kegiatan ini diawali dengan apel persiapan bersih gunung yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai TN Gunung Merbabu Ir. Edy Sutiyarto, sekaligus pembacaan Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada peringatan HPSN Tahun 2019, Menteri LHK menghimbau pentingnya pengelolaan sampah untuk mewujudkan hidup bersih, sehat dan bernilai.

Bersih Gunung di Wisata Umbul Songo diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari staf Balai TN Gunung Merbabu, staf SPTN Wilayah I, serta mitra TN Gunung Merbabu yaitu KPA Pinoes, Grabupal, Komppass, mahasiswa PKL UGM, dan Treetop. Sampah yang dihasilkan sebesar 1.073 kg yang terdiri dari pakaian, plastik (bungkus permen, kantong plastik, plastik mulsa, gelas dan botol minuman), serta spon busa.

Selain di Wisata Umbul Songo, bersih Gunung di Jalur pendakian Selo diikuti oleh 150 orang yang terdiri dari staf SPTN Wilayah II, dengan mitra TN Gunung Merbabu yaitu KPA Rajawali, Banser Desa Tarubatang, mahasiswa PKL UGM, masyarakat sekitar dan Pendaki. Sampah yang dihasilkan sebesar 275 kg yang terdiri dari botol plastik, botol kaca, bungkus mie instant, serta jas hujan plastik.

Sedangkan bersih sampah di Wisata Grenden dan Wisata Top Selfie diikuti oleh 24 orang dan menghasilkan 188 kg sampah plastik. Pada akhir kegiatan, Kepala Balai memberikan himbauan agar kita dapat selalu menjaga kebersihan, tidak hanya pada peringatan HPSN saja.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini