Peresmian dan Penyerahan Bantuan Sumber Energi Terbarukan di Dua Desa Penyangga TN Matalawa

Senin, 04 Maret 2019

Waingapu, 4 Maret 2019. Sudah hampir 6 bulan masyarakat Pulau Sumba khsusunya di Desa Wanggameti dan Mahaniwa mendamba-dambakan adanya listrik yang mengalir  ke Desa mereka, Umbu Lius sebagai salah satu warga Wanggameti sangat berharap agar memperoleh listrik ke Desanya yaitu Desa Wanggameti, namun kini cita-cita Umbu Lius dan  masyarakat Desa Wanggameti dan Desa Mahaniwa pada umumnya dapat menjadi kenyataan. Kini listrik dapat mengalir 24 jam nonstop ke masing-masing rumah penduduk desa Wanggameti dan Desa Mahaniwa.

Balai TN Matalawa bekerjasama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makasar telah membangun infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) dan siap untuk digunakan, lokasi pembangunan PLTMH ini berada di dua lokasi yaitu di Desa Wanggameti dan Desa Mahaniwa, yang bersumber pada terjunan aliran sungai Tadamoru dan Minaboti dan dapat menghasilkan potensi energi listrik masing-masing sekitar 5000 Watt di Desa Wanggameti yang dapat mengaliri ± 30 rumah penduduk, sedangkan pada Desa Mahaniwa 45.000 watt untuk mengaliri ± 70 rumah penduduk.

Tepat pada hari Jumat tanggal 1 Maret 2018 berlokasi di Kantor Resot Wanggameti telah dilakukan peresmian dan penyerahan bantuan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro  (PLTMH) kepada dua desa tersebut, acara peresmian ini langsung diresmikan oleh Sekertaris Direktorat Jendral (Sekditjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Ir. Herry Subagaiadi M.Sc dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur, Anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur, Koramil,  Polsek Tanarara, Camat Matawai Lapau, Kepala Desa Wanggameti dan Desa Mahaniwa serta masyarakat kedua desa tersebut, dengan adanya PLTMH ini maka diharapakan mampu memberikan kehidupan yang baru bagi masyarakat  Desa Wanggameti dan Mahaniwa pada umunya,

Ir. Memen Suparman, MM selaku Kepala Balai TN Matalawa mengungkapkan Pembangunan  energi terbarukan (PLTMH) ini merupakan langkah nyata TN Matalawa dalam rangka terus mendorong masyarakat desa penyangga dalam  meningkatkan kualitas hidup, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta dengan adanya program ini juga, tingkat kesadaran masyarakat desa penyangga semakin meningkat akan pentingnya  lestarinya hutan TN Matalawa.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini