Aksi Bersih Lingkungan dan Penyadartahuan Warnai HPSN di TN Bukit Barisan Selatan

Senin, 04 Maret 2019

Kotaagung, 4 Maret 2019. Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 4 Maret 2019, Balai Besar TNBBS bersama Mitra Strategis (YABI; WCS-IP; WWF; UNDP Tiger Project) dan Saka Wana Bakti, melakukan aksi bersih lingkungan di ruas jalan Sanggi-Bengkunat sepanjang  11,5 Km. “Jalan Sanggi-Bengkunat merupakan jalan negara yang berada di dalam kawasan TNBBS. Pengguna jalan merupakan masyarakat umum, dari Lampung dengan tujuan Bengkulu atau sebaliknya. Jumlah pengguna jalan yang banyak didominasi oleh truk. Sampah yang ditemukan di ruas jalan ini sebagian besar adalah sampah plastik pembungkus makanan dan minuman yang dibuang oleh para pengguna jalan”, papar Kepala Balai Besar TNBBS Ir. Agus Wahyudiyono saat melaksanakan aksi bersih lingkungan bersama jajarannya.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Semaka Siti Muksidah, S.Hut.,M.Sc menyatakan perlunya upaya penanggulangan permasalahan sampah di ruas jalan Sanggi-Bengkunat. “Ke depan, kita akan mengupayakan pemasangan papan larangan membuang sampah bagi pengguna jalan di ruas jalan Sanggi-Bengkunat. Untuk mengingatkan, karena kesadaran pengguna jalan untuk menjaga kebersihan lingkungan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dengan mudahnya kita temukan sampah disepanjang ruas jalan”, kata Siti.              

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut.,M.P. “Oleh sebab itu, kita melakukan aksi bersih lingkungan juga disertai dengan kegiatan penyadar tahuan bagi pengguna jalan. Kita meminta waktu sebentar pada pengguna jalan untuk menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan, dan menyampaikan pesan bahwa hutan bukan tempat buang sampah, melalui stiker yang kita tempelkan pada kaca depan kendaraan mereka”,  ungkap Ismanto.  

Kegiatan yang melibatkan  130 orang ini berhasil mengumpulkan sampah dari ruas jalan Sanggi-Bengkunat seberat 1.050 Kg. Sampah kemudian dikumpulkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanggamus.

Tidak hanya di ruas jalan Sanggi-Bengkunat, aksi serupa juga dilakukan oleh Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) II Liwa TNBBS, di ruas jalan Liwa-Krui sepanjang 15 Km yang berada di dalam kawasan TNBBS. Dengan peserta aksi mencapai 200 orang berhasil mengumpulkan sampah seberat 10.000 Kg.  Pemerintah Kabupaten Lampung Barat ikut berpartisipasi dalam aksi bersih lingkungan, dengan diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup  Lampung Barat; Satuan  Polisi Pamong Praja Lampung Barat; Pegawai Kecamatan Balik bukit dan Peratin beserta warga Pekon Balik Bukit. “Kami mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam mengsukseskan kegiatan ini. Bahkan, Pemkab Lampung Barat mengirimkan 7 unit truk pengangkut sampah untuk memudahkan pengangkutan sampah ke TPA Lampung Barat”, kata Kepala BPTN II Liwa Amri, S.H.,M.Hum.

Kelola Sampah Hidup Besih, Sehat dan Bernilai…

Sumber : Humas Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini