1,2 Ton Sampah Terkumpul di TWA Lembah Harau pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Selasa, 05 Maret 2019

Padang, 5 Maret 2019.  Balai KSDA Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) ikut berpartisipasi dalam menyukseskan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Kegiatan ini dilaksanakan serentak oleh seluruh UPT Direktorat Jenderal KSDAE. Aksi bersih yang menjadi sasaran Balai KSDA Sumbar Tahun 2019, digelar di TWA Lembah Harau, sebuah lokasi wisata yang terletak di Kabupaten Limapuluh Kota, yang sejak lama menjadi destinasi kunjungan untuk pengunjung dari Sumatera Barat dan Riau.

Acara yang digelar pada tanggal 4 Maret 2019 ini, didukung oleh Pemda Limapuluh Kota yang diawali dengan sambutan oleh Asisten II Bidang Perekonomian Kabupaten Limapuluh Kota. Apel dipimpin secara langsung oleh Kepala Balai KSDA Sumbar, Dr. Ir. Erly Sukrismanto, M.Sc. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai KSDA Sumbar  menyampaikan sambutan Menteri KLHK dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, yang mengajak seluruh peserta untuk lebih peduli terhadap lingkungan, melalui pengelolaan sampah dengan menerapkan prinsip mengurangi, menggunakan ulang dan mendaur ulang atau 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Sedikitnya terdapat 200 orang peserta yang ikut terlibat dalam kegiatan ini, yang berasal dari UPT KLHK lingkup Korwil Sumatera Barat, Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Limapuluh Kota yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala BPBD, Kepala Basarnas Wilayah Payakumbuh, Polres Kab Limapuluh Kota, Kodim 0306, BNPB, Camat Harau. Juga dihadiri oleh Dinas Pemadaman Kebakaran, Basarnas, Dinas Pendidikan, perangkat Nagari Harau, Nagari Tarantang, tokoh masyarakat dan para pedagang sekitar kawasan TWA. Lembah Harau.

Aksi bersih-bersih sampah menjadi kegiatan inti dari peringatan HPSN 2019, di TWA Lembah Harau. Seluruh peserta dengan penuh semangat melakukan aksi bersih ini, sehingga tidak mengherankan jika terkumpul sebanyak 1,2 ton sampah. Melalui aksi bersih-bersih yang dilakukan ini, diharapkan agar setiap pelaku wisata maupun para wisatawan memiliki kesadartahuan yang tinggi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tercipta kawasan TWA Lembah Harau sebagai tempat rekreasi yang sehat, bersih, aman, nyaman, dan bernilai, sesuai dengan tema HPSN 2019 kali ini, yaitu Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini