Peringati HSPN 2019, Balai TN Bali Barat Bersih Pantai Pasir Putih Prapat Agung

Senin, 04 Maret 2019

Prapat Agung, Senin 4 Maret 2019. Secara serempak petugas Taman Nasional Bali Barat (TNBB) bersama para pihak melakukan aksi bersih sampah di berbagai titik dalam kawasan TNBB, salah satunya mengambil lokasi di pantai pasir putih Prapat Agung, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Buleleng. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia.

Wilayah Resort Prapat Agung merupakan wilayah TNBB yang mempunyai potensi keragaman flora dan fauna yang tinggi baik di daratan maupun di kawasan perairan lautnya. Di kawasan ini juga terdapat beberapa pura yg sering di kunjungi oleh masyarakat Bali untuk bersembahyang atau wisata religi.
Namun begitu, kawasan ini juga memiliki permasalahan klasik yaitu sampah yang terbawa arus laut dan terdampar di pantai pasir putih Prapat Agung. Pada waktu-waktu tertentu pantai pasir putih Prapat Agung menjadi kotor akibat sampah tersebut. Selain itu masih adanya sebagian pengunjung yg kurang peduli akan keberadaan sampah anorganik dan meninggalkan sampahnya dalam kawasan TNBB.

Untuk menjaga lingkungan pantai pasir putih Prapat Agung tetap bersih dan indah, melalui moment HPSN tahun 2019 ini dilakukan kegiatan bersih sampah bersama masyarakat dan parapihak. Di lokasi ini, kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Seksi PTN Wilayah II Buleleng, Ir. Hartatik, dan sebagai koordinator lapangan adalah Kepala Resort Prapat Agung, Tosin, SH. Tema dalam peringatan HPSN tahun ini adalah "Kelola Sampah Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai".

Kepala Balai TNBB melalui KSPTN II Buleleng menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta aksi bersih ( clean up) yg telah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu KSPTN II mengajak seluruh peserta agar senantiasa menanamkan jiwa hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan. " Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita" ujarnya.

Peserta giat bersih pantai pasir putih Prapat Agung kali ini di hadiri oleh perwakilan Desa Sumberklampok, Babinsa, kelompok Tani Tunas Mekar, kelompok masyarakat peduli api, kelompok Tani Hutan Sawo Kecik, Kelompok pemandu Bali Starling Volunteer, dan pemangku Pura Segara Rupek. Dalam kegiatan clean up ini, berhasil dikumpulkan dan dikeluarkan sampah anorganik sebanyak 250 Kg, (31 karung) dengan jenis sampah anrara lain berupa : botol kaca, botol plastik, plastik bungkus makanan, stereofoam, sandal, plastik bungkus sabun, kresek, dll.
Menurut Kepala Resort Prapat Agung, sampah anorganik yg telah di kumpulkan ini akan di pilah. Sampah yang masih bisa di daur ulang akan di serahkan ke pengepul barang bekas, sisanya akan di bawa ke TPS yang ada di desa penyangga TNBB.

Dengan adanya kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional ini diharapkan masyarakat menjadi lebih peka untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Lingkungan bersih hidup menjadi sehat dan bernilai. "Salam Konservasi".

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini