Deklarasi Masyarakat Gilimanuk Peduli Sampah pada Peringatan HPSN di TN Bali Barat

Senin, 04 Maret 2019

Gilimanuk, 4 Maret 2019. Berlokasi di Karangsewu, Resort Gilimanuk Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Jembrana, Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), masyarakat instansi sekitar TNBB berkumpul bersama untuk melakukan Aksi bersih dalam rangkai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 

Acara di mulai dengan pembukaan dan sambutan Kepala Balai TN Bali Barat Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si dengan membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan di ikuti 360 orang yang terdiri dari : Personil TNBB, Kepolisian Sektor Kawasan Laut Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, kepala lingkungan se-Gilimanuk, MIN 6 Jembrana, MTSN Gilimanuk, SMPN 4 Gilimanuk, MA-Almubarok, PLTG, PLN Gardu Induk, PLN Distribusi Gilimanuk, PT. Shorea Barito Wisata, Relawan Bali Asri Lestari, FKKSMG, Brimob, dan lain-lain. Dalam acara ini masyarakat Gilimanuk juga membacakan sebuah deklarasi bersama yang diberi nama “Gilimanuk Peduli Sampah”.

Ali Purwanto, S.Hut, M.Sc Kepala Seksi SPTN Wilayah I Jembrana menyampaikan, sinergisitas dan kebersamaan dalam pengelolaan sampah mutlak diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan sampah. Upaya yang dilakukan TN Bali Barat dalam rangka membangun kesadaran masyarakat yang selama ini membuang sampah ke kawasan TNBB tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh semua pihak. Untuk itu pendampingan dan pendekatan yang dilakukan para fasilitator TNBB masih perlu ditingkatkan dengan kerja keras dan dukungan semua pihak. Upaya pendekatan diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat sekitar untuk semakin peduli dengan lingkungannya.
Adapun isi Deklarasi tersebut adalah sebagai berikut :
1. Kami akan mengurangi penggunaan bahan yang terbuat dari plastik.
2. Kami siap melakukan pemilahan sampah dari rumah masing masing.
3. Kami siap melaksanakan kebersihan dimasing masing lingkungan
4. Kami siap tidak membuang sampah di kawasan TN Bali Barat.

Harapannya, dengan adanya deklarasi bersama ini, sampah yang ada diwilayah Gilimanuk bisa berkurang dan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan bisa berubah dalam rangka menciptakan Gilimanuk yang BALI ( Bersih Aman Lestari dan Indah).

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini