Kerja Bakti Bersih Sampah Plastik Taman Nasional Lore Lindu

Senin, 04 Maret 2019

Bobo, 4 Maret 2019. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) mengadakan kegiatan kerja bakti bersih sampah plastik yang dipusatkan di Resort Bobo – Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Makmur, Senin (4/3). Kerja bakti bersih sampah plastik ini dilaksanakan di sepanjang bahu jalan dan pinggir jalan di Desa Bobo dan Bunga yang merupakan desa-desa penyangga kawasan TNLL, dengan diikuti peserta berjumlah sekitar 200 orang yang berasal dari siswa-siswi Madrasah Aliyah Al-Khaerat,  Madrasah Tsanawiyah Al-Khaerat, SMPN 30 Sigi, SDN Bobo (Desa Bobo), SD Bala Keselamatan (Desa Bunga), dewan guru, personil lingkup BBTNLL, masyarakat dan aparat desa.

Kegiatan ini dimulai dengan Apel Siaga yang dipimpin langsung oleh Kepala BBTNLL, Ir. Jusman dan dalam sambutannya membacakan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan tema "Gerakan Indonesia Bersih" dan sub tema “kelola sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai". Melalui kerja bakti bersih sampah plastik ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian serta mengedukasi sejak dini terutama kepada para generasi muda untuk ikut berperan menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi penggunaan plastik dan bagaimana daur ulang sampah dengan prinsip 3R (Reuse,Reduce,Recycle), ujar Jusman menambahkan dalam sambutannya.

Dari kerja bakti bersih sampah plastik ini terkumpul sampah plastik sekitar 30 karung (300 kg) yang selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah. Dalam kesempatan ini pula Kepala BBTNLL memberikan sauvenir berupa alat-alat tulis untuk para siswa-siswi yang berpartisipasi kegiatan kerja bakti ini yang diserahkan pada guru-guru dari perwakilan sekolah tersebut di atas. Selain itu di momen peringatan HPSN tahun 2019 ini pula sekaligus BBTNLL memperkenalkan Taman Bacaan Resort Bobo yang dapat dimanfaatkan para siswa-siswi yang berada di Desa Bobo dan sosialisasi release anggrek kepada masyarakat sekitar Resort Bobo.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini