Apel Dan Aksi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Balai Besar KSDA Jawa Timur

Senin, 04 Maret 2019

Tretes, 4 Maret 2019. Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim) menggelar apel bersama dan aksi bersih-bersih kawasan konservasi serta lingkungan. Kegiatan peringatan HPSN 2019 sekaligus menjadi momen Balai Besar KSDA untuk berkomitmen bersama berbagai stakeholder, masyarakat dan pelajar untuk: (1). Mewujudkan hutan yang merupakan maha taman dan lingkungan sebagai kawasan yang nyaman, asri dan lestari, (2). Merubah pola hidup dan perilaku bijak terhadap sampah dengan cara mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah yang masih layak dan dapat dipergunakan, (3). Mewujudkan lingkungan sekitar bebas sampah untuk menuju kehidupan yang bersih, sehat dan bermanfaat.

Balai Besar KSDA Jawa Timur melaksanakan kegiatan peringatan HPSN tahun 2019 di 3 lokasi, yaitu di (1). TWA Kawah Ijen pada tanggal 1 Maret 2019. Kegiatan bersih-bersih kawasan TWA Kawah Ijen sudah menjadi agenda rutin setiap bulan pada jumat minggu pertama dengan program “Ijen Rijik”. (2). TWA Tretes Kab. Pasuruan dan (3). Danau Kastoba di CA/SM Pulau Bawean yang dilaksanakan serentak pada tanggal 4 Maret 2019. Kegiatan peringatan HPSN di ketiga lokasi berjalan semarak, lancar dan penuh semangat.

Sebagai puncak acara, Peringatan HPSN 2019 Balai Besar KSDA Jawa Timur kali ini dipusatkan di TWA Tretes, dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Bappeda, Biro Adm SDA, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup), Bupati Pasuruan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Pasuruan beserta unsur SKPD, Kepolisian dan TNI. Selain unsur pemerintah, kegiatan ini juga dihadiri oleh kelompok masyarakat peduli lingkungan (Grojogan sewu, Trash bag comunity) dan para pelajar di kecamatan prigen Kab. Pasuruan serta masyarakat desa Pencalukan.

Selain penandatanganan deklarasi oleh perwakilan peserta, kegiatan peringatan HPSN 2019 di TWA Tretes ini juga diisi dengan agenda teconference bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Dr. Siti Nurbaya Bakar yang juga melaksanakan kegiatan serupa di Muara Angke Jakarta. Ibu Menteri LHK memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap jawa timur bisa menjadi contoh dalam pengelolaan sampah. Jawa timur sudah bagus dalam pengelolaan sampah, sudah banyak unit-unit pengelolaan sampah yang dapat dijadikan contoh, tetap semangat untuk mewujudkan lingkungan yang bebas sampah, kata siti nurbaya.

Suatu bentuk koordinasi dan sinergitas antar instansi, dalam kesempatan ini pula Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jawa Timur Menyampaikan bantuan tong sampah untuk dipasang pada kawasan konservasi di TWA Tretes dan TWA Gunung Baung.

Sesuai rencana bahwa kegiatan peringatan HPSN Balai Besar KSDA Jawa Timur dilaksanakan di 3 lokasi yang telah disebutkan diatas, namun kegiatan serupa juga dilaksanakan di beberapa kawasan lainnya, yaitu di kawasan sekitar CA. Manggis Gadungan, Sekitar Kawasan CA. Goa Nglirip, Sekitar CA. Gunung Picis dan di MAN 2 Pamekasan yang secara serentak dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2019. Untuk kegiatan di MAN 2 Pamekasan difokuskan pada kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah. Kegiatan berupa penyampaian materi bagaimana pengelolaan sampah dilakukan, dilanjutkan dengan praktek pengolahan sampah plastik menjadi  ecobrick. Kegiatan sosialisasi di MAN 2 ini akan dilanjutkan dengan pendampingan oleh BBKSDA Jatim SKW IV dalam beberapa kegiatan ekstra kulikuler khususnya Pecinta Alam (PA) dan pendampingan MAN 2 sebagai sekolah Adiwiyata.

Mari tetap jaga kebersihan untuk menuju Indonesia bersih dan Bebas Sampah.

Sumber : Humas Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini