Aksi Bersih Sampah di Objek Wisata Unggulan Lapopu TN Matalawa

Selasa, 05 Maret 2019

Waingapu, 5 Maret 2018. Bertempat di lokasi wisata unggulan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti  (TN Matalawa) yaitu wisata Air Terjun Lapopu telah menggelar aksi pungut sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar serentak seluruh Indonesia pada tanggal 4 Maret 2019 sesuai dengan instruksi dan arahan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam Aksi pungut sampah ini turut hadir tamu undangan  pimpinan dan rombongan diantaranya dari Dinas Lingkungan Hidup Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat, selain itu dihadiri oleh Camat, Polsek dan Kepala Desa setempat, tak ketinggalan Tim Satuan Karya (Saka) Wanabakti TN Matalawa dan perwakilan sekolah di Kabupaten Sumba Barat serta seluruh pegawai TN Matalawa, tercatat kurang lebih 192 orang yang hadir mengikuti acara pungut sampah tersebut .

Dalam mengawali aksi pungut sampah ini telah di gelar apel kesiapan  yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai TN Matalawa Ir. Memen Suparman MM, dalam aksinya pemungutan sampah akan dipilah-pilih mana bagaian sampah organik dan anorganik, dari hasil pengumpulan sampah di daerah wisata lapopu tersebut diperoleh sampah kurang lebih 23 karung dan 7 keranjang sampah atau diperoleh kurang lebih 400 kg sampah.

Ir. Memen  Suparman MM selaku Kepala Balai Menyebutkan pentingnya kesadaran insan manusia untuk menjaga kebersihan dan tidak untuk membuang sampah sembarangan, mengingat dampak yang sangat berat pada sampah-sampah anorganik yang susah terurai dan dampak bagi keseimbangan ekosistem yang ada disekitarnya, oleh karenanya Kepala Balai menghimbau untuk terus menjaga lingkungan dengan bersih dan sehat dan terpatrinya karakter pribadi yang cinta akan kebersihan. Secara keseluruhan acara pungut sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) berjalan dengan tertib dan lancar.

   

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini