170 kg Sampah Berhasil Terkumpul di Kaliurang

Senin, 04 Maret 2019

Sleman, 4 Maret 2019. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dilaksanakan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) KSDAE seluruh Indonesia, termasuk Taman Nasional (TN) dan Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA).  Untuk lingkup Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), peringatan HPSN 2019 ini dipusatkan di Obyek Wisata Alam (OWA) Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Dalam kesempatan kali ini, hadir karyawan/karyawati TNGM, Kecamatan Pakem, Polsek Pakem, Koramil Pakem, PT Anindya Mitra International, Aparat Desa Hargobinangun, Dinas Pariwisata kab Sleman, Kepala Dukuh Kaliurang Timur, Kepala Dukuh Kaliurang Barat, SAR Kaliurang, MMP Resort Pakem Turi, MPA resort Pakem Turi, serta Paguyuban Pedagang di kawasan OWA Tlogo Muncar.

  

Dalam kesempatan ini, kegiatan diselenggarakan pukul 07.00 s.d 11.00, diawali dengan senam bersama, kerja bakti dan diakhiri keakraban dengan mitra kerja yang hadir. Ada 4 (empat) titik kerja bakti pembersihan sampah, bukit Pronojiwo, OWA Tlogo Muncar dan parkiran Tlogo Putri, OWA Tlogo Nirmolo dan parkiran Tlogo Nirmolo, serta jalur tracking Goa Jepang, Tlogo Nirmolo. Keseluruhan sampah yang diperoleh pada kesempatan kali ini sebanyak 170 kg, yang terdiri dari 115,5 kg sampah organik dan 54,5 kg sampah anorganik. 

 

Selanjutnya tindak lanjut penanganan sampah: organik yang berupa seresah daun, pangkasan rumput, sisa makanan ditimbun, untuk dijadikan pupuk organik, sedangkan anorganik yang dapat didaur ulang (kertas, kardus, botol minuman, dll) dijual ke pedagang daur ulang, serta dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). (tsr).

 

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini