Balai KSDA Yogyakarta Gelar HPSN 2019 Bersama Mitra di Suaka Margasatwa Sermo

Senin, 04 Maret 2019

Kulonprogo, 4 Maret 2019. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA)  Yogyakarta turut berpartisipasi dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 yang diselenggarakan secara serentak oleh seluruh UPT direktorat Jenderal KSDAE. Kegiatan ini dimaaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat Indonesia, mulai dari pribadi, komunitas, hingga bangsa, dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2020. 

Puncak peringatan HPSN Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Balai KSDA Yogyakarta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulonprogo; Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Yogyakarta (Hotel 101, Hotel Tara, Hotel Grand Zurich dan Hotel Jayakarta); Pengelola Wisata Kalibiru; Kwarcab Kulonprogo dan MMP/MPA Kulonprogo di laksanakan di Blok Pemanfaatan Suaka Margasatwa Sermo, Kulonprogo. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada beberapa pertimbangan antara lain, di kawasan Suaka Margasatwa Sermo terdapat spot pemanfaatan wisata alam terbatas dan bumi perkemahan serta menjadi salah satu jalur yang dilalui untuk wisata menuju beberapa obyek wisata alam seperti Waduk Sermo, Kalibiru, Perbukitan kKarst Kulonprogo, serta berbatasn langsung dengan desa penyangga sehingga rentan dengan permasalah sampah.

 

Rangkaian acara Peringatan HPSN Tahun 2019 diawali dengan pembukaan Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Ir. Junita Parjanti, MT.  Dalam arahannya, Kepala Balai KSDA Yogyakarta mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum peringatan HPSN Tahun 2019 sebagai langkah penyadartahuan dan memotivasi masyarakat sehingga dapat merubah pola pikir, menyempurnakan perilaku serta bijak dan cerdas dalam pengelolaan sampah. Lebih lanjut menyampaikan apresiasi mendalam kepada mitra dan masyarakat yang telah memberikan sumbangsih dan dukungnya demi suksesnya acara hari ini tutur Junita

Sementara itu Hadir dalam kegiatan ini Kepala Sub Bidang Tindak Lanjut Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ), Mayasih Wigati, S.Sos, M.Si, M.Sc yang menyampaikan arahan teknis pengelolaan sampah. Dalam kesempatan ini, Mayasih Wigati memberikan gambaran mengenai pengelolaan sampah rumah tangga serta pentingnya memilah sampah dan memanfaatkan sampah baik dengan cara komposting untuk sampah organik, maupun untuk meningkatkan nilainya menjadi barang kerajinan untuk sampah anorganik.

 

Aksi Bersih Sampah kawasan Suaka Margasatwa Sermo berlangsung dari pukul 07.30 hingga 11.00 WIB  dengan peserta sebanyak 200 orang yang berasal dari unsur Instansi Pemerintah (Kementerian LHK, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, PDAM Kulonprogo, PT PLN Persero ULP Kulonprogo), IHGMA Chapter Yogyakarta; Kwarcab Kulonprogo, Muspika lingkup Kecamatan Kokap dan Pengasih, serta masyarakat sekitar kawasan Suaka Margasatwa Sermo. Dari aksi bersih sampah dan pemilahan sampah yang dilakukan dikumpulkan sampah organik seberat 126,5 Kg dan sampah anorganisk 462,7 Kg. Selanjutnya sampah anorganik yang terkumpul tersebut diangkut oleh UPTD Kebersihan dan Pertamanan DPU Kabupaten Kulonprogo ke TPA Kulonprogo. Sementara itu sampah organik berupa dedauanan ditimbun untuk proses komposting. Mari ikut Peduli sampah.  *ach

 

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini