Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 di Lautan Pasir G. Bromo Dan B29 Argosari

Senin, 04 Maret 2019

Bromo, 4 Maret 2019. Untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru menggelar aksi bersih sampah di 2 tempat yaitu Laut Pasir G.Bromo dan view point B29 Argosari.

Acara tersebut diikuti± 500 orang yang melibatkan elemen masyarakat (kader konservasi, Masyarakat Peduli Api, Pecinta Alam, Kelompok Hippam, Kelompok Tani Konservasi, masyarakat sekitar kawasan), Pemerintah Daerah (Kab. Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang), pelaku jasa wisata (paguyuban jeep, paguyuban kuda, paguyuban ojeg, asongan, kaki lima, home stay).

Kegiatan HPSN serentak dimulai dari jam 09.00 WIB – selesai, sebelum acara dimulai di masing-masing tempat pelaksanaaan, terlebih dahulu dilakukan apel peserta dengan arahan dan pembacaan amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Kepala Bidang PTN Wilayah I Pasuruan dan Kepala Bidang PTN Wilayah II Lumajang.

Sebelum aksi bersih sampah dimulai Kepala Bidang PTN Wilayah I Pasuruan (Murdiyono, S. H) berpesan ‘ Membersihkan sampah di lingkungan kita bukan hari ini saja, hari ini adalah hari memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, selanjutnya kita budayakan jangan buang sampah sembarangan’, ungkapnya demikian.

HPSN dari 2 tempat berhasil mengumpulkan sampah pengunjung sebanyak 735 kg. Untuk view point B29 Argosari sebanyak 115 Kg dan Laut Pasir G.Bromo sebanyak 620 Kg. Sampah-sampah tersebut terdiri dari sampah plastik, botol, kertas, bungkus mie instan, roti, kopi sachet, puntung rokok dan kardus.

Sampah yang terkumpul dipilah menjadi sampah organik dan anorganik, sampah plastic (botol aqua, minuman kemasan) dipisahkan. Sedangkan sampah yang tidak bernilai ekonomis diangkut ke TPA Poncokusumo Kab.Malang, TPS Cemoro Lawang Kab. Probolinggo, TPA Jurang Sari Kab.Pasuruan dan TPA Lumajang Kab. Lumajang.

Diakhir kegiatan Kepala SPTN I (Sarmin, S. Hut) mengucapkan terima kasih banyak kepada semua undangan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan HPSN Tahun 2019, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salahsatu destinasi bertaraf internasional sehingga harus dijaga kelestariannya, demikian ungkapnya.

Harapan dari kegiatan HPSN Tahun 2019 ini, pengunjung Bromo dan masyarakat sekitar lebih peduli terhadap sampah dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan sehingga lingkungan menjadi indah, bersih, sehat dan bernilai.

Sumber : Siti Maya - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini