TaNa Bentarum Gelar Apel dan Aksi Bersih sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional

Senin, 04 Maret 2019

Putussibau, 4 Maret 2019. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (BB TaNa Bentarum), pada hari ini melaksanakan apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Peringatan HPSN tahun 2019 mengambil tema Gerakan Indonesia Bersih, dengan sub tema: “Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”. Gerakan Indonesia Bersih merupakan salah satu komponen dari Gerakan Revolusi Mental sebagaimana Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016. Pada tahun ini BB TaNa Bentarum memfokuskan kegiatan HPSN di Desa Vega, Kecamatan Selimbau, Taman Nasional Danau Sentarum.

  

Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang disampaikan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero selaku pemimpin apel HPSN tahun 2019, menyampaikan “Perhatian nasional dan internasional pada sampah juga tertuju pada sampah laut, terutama plastik, dengan segala (potensi) akibatnya kepada manusia dan satwa. Sampah plastik di laut ukuran mikro atau marine debris sangat berbahaya bagi manusia dan satwa karena mengganggu kesehatan apabila debris masuk kedalam pencernaan ikan dan masuk dalam sistem rantai pangan (food chain).”

  

“Kita juga mengetahui dan memahami tantangan pengelolaan sampah dengan pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat yang akan berakibat meningkatnya volume dan jenis sampah, selain hadirnya karakteristik sampah yang semakin beragam. Kita hadapi tantangan itu dengan langkah sistematis dan kerja kolaboratif dalam semangat gotong royong”, ujar Anton menutup sambutan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Arief Mahmud menyampaikan “Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Kapuas Hulu merupakan hulu Sungai Kapuas, sehingga apabila hulu sudah tercemar, maka hilir akan tercemar.”

Pada pelaksanaan HPSN Tahun 2019 ini kami melibatkan unsur-unsur Masyarakat desa Vega, Murid-Murid Sekolah Dasar, Masyarakat Peduli Api, Pramuka Saka Wana Bhakti, Manggala Agni dan Segenap Pegawai BB TaNa Bentarum. “Kami ajak anak-anak untuk melaksanakan aksi bersih sampah agar mereka menyadari dampak kerusakan akibat sampah plastik dan mereka menjadi agen perubahan”, pungkas Arief.

Kegiatan HPSN 2019 melibatkan kurang lebih 250 orang yang terdiri dari beberapa unsur meliputi Masyarakat desa Vega, Murid-Murid Sekolah Dasar, Masyarakat Peduli Api, Pramuka Saka Wana Bhakti, Manggala Agni dan Segenap Pegawai Balai Besar TaNa Bentarum. Dalam aksi bersih sampah di Desa Vega diperoleh 47 kantung sampah dengan berat rata-rata 8 Kg/karung sehingga diperoleh kurang lebih 376 Kg sampah. Sampah yang berupa sampah anorganik dikumpulkan dan dibuang ke TPA, sedangkan sampah dalam bentuk organik akan diolah menjadi pelet (makanan ikan) menggunakan peralatan pengolah sampah yang merupakan bantuan dari Balai PDASHL Kapuas.

 

Sumber : Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas BBTNBKDS
              Dian Banjar Agung (08113514841)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini