Mensosialisasikan Rencana Pemasangan GPS Collar Kepada Masyarakat di Seumanah Jaya Aceh Timur

Senin, 04 Maret 2019

Aceh Timur, 28 Februari 2019. Personil Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe Resor Konservasi Wilayah 12 Langsa dibantu oleh Personil Mitra Kerja BKSDA Aceh Forum Konservasi Leuser melaksanakan koordinasi ke Instansi Kecamatan Ranto Peurlak Kabupaten Aceh Timur dan Sosialisasi ke Masyarakat Desa Seumanah Jaya Kecamatan Ranto Peurlak Kabupaten Aceh Timur terkait rencana pemasangan GPS (Global Positioning System) Collar pada salah satu individu di Kawanan Gajah Sumatera Liar yang kerap berkonflik di wilayah tersebut. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut:

  1. Memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pemasangan GPS Collar merupakan bagian dari Upaya penyelesaian konflik Gajah Liar dengan Manusia untuk mengetahui wilayah peregerakan kawanan gajah sehingga dapat dicarikan solusi bagi lahan-lahan masyarakat yang teken dampak dari konflik tersebut;
  2. Memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa Pemasangan GPS Collar dilakukan pada satu individu Gajah Sumatera yang berasal dari kawanan Gajah Sumatera Liar bukan Gajah Sumatera terlatih BKSDA Aceh sebagaimana pemahaman masyarakat selama ini;
  3. Mengharapkan kerja sama baik aparatur dari Instansi di Kecamatan Ranto Peurlak Kabupaten Aceh Timur dan Masyarakat Desa Seumanah Jaya Kecamatan Ranto Peurlak Kabupaten Aceh Timur selama kegiatan pemasangan GPS Collar nantinya maupun pada saat pemantauan pergerakan Gajah Sumatera yang direncanakan akan dilakukan dalam tempo waktu yang lama.

 

Upaya ini merupakan bagian Penanganan konflik gajah liar dengan manusia dilaksanakan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh berpedoman kepada Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.48/MENHUT-II/2008 Tentang Pedoman Penanganan Konflik Antara Manusia Dan Satwa Liar dalam upaya mewujudkan tujuan dan target yang tertuang dalam Rencana Aksi Konservasi Gajah Sumatera dan Kalimantan Tahun 2007-2017.

  

Sumber:

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh

Sapto Aji Prabowo, S.Hut. M.Si 0812-5006-527

 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe BKSDA Aceh

Dedi Irvansyah, SP 0811-6486-696

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini