Siswa/i SMKKN Makassar Magang di TN Kutai

Selasa, 26 Februari 2019

Bontang, 26 Februari 2019. Hari Senin tanggal 25  Februari 2019,Taman Nasional Kutai kembali kedatangan tamu yang akan melaksanakan magang di TN Kutai. Siswa-siswi  SMKKN Makassar sebanyak 33 peserta disertai pendamping tiba di Bontang pada malam hari tanggal 24 Februari 2019 dan langsung di sambut oleh Tim TN Kutai di Kantor Balai TN Kutai. Pelaksanaan magang kali ini, merupakan tahun kedua pelaksanaan magang SMKKN Makassar di TN Kutai. Secara keseluruhan kegiatan akan berlangsung selama 60 hari sampai tanggal 24 April 2019.

Kegiatan magang bagi siswa SMKK Makassar merupakan kegiatan yang wajib untuk diikuti. Selain untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, dan keterampilan, juga dapat memberikan pengalaman nyata tentang implementasi ilmu di lapangan.  Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kompetensi dalam bidang inventarisasi keanekaragaman hayati, pembinaan habitat dan pegelolaan ekowisata.

Untuk memudahkan peserta magang dalam mendapatkan  informasi dan pengalaman lapangan, peserta dibagi dalam  6 kelompok dan ditempatkan pada 6 resort yang ada di TN Kutai yaitu Resort Teluk Pandan, Resort Sangkima, Resort Sangatta, Resort Rantau Pulung, Resort Menamang Sebulu dan Resort Benu Harapan.  Pada masing-masing resort para peserta melakukan praktek menyesuaikan dengan  potensi resort dan mengikuti kegiatan-kegiatan terkait yang sedang berlangsung pada masing-masing resort. Untuk mendapatkan peluang yang sama bagi setiap peserta, setiap kelompok  akan mendiami setiap resort selama 8 hari, kemudian berpindah ke resort yang lain, sampai selesai dan akan kembali ke  kantor Balai TN Kutai di Bontang untuk mempresentasikan hasil pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Karakteristik resort yang berbeda-beda memubngkinkan peserta untuk memperoleh pengalaman yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Misalnya: di Resort Sangkima, mereka dapat melaksanakan kegiatan inventarisasi jenis tumbuhan yang dilakukan pada PUP Balai TN Kutai, pengelolaan wisata dan pengendalian kebakaran hutan, karena kantor Resort Sangkima, bersebelahan dengan Markas DAOP Manggala Agni. Di Resort Sangatta, peserta dapat mempraktekkan kegiatan inventarisasi orangutan yang dapat dilakukan pada site monitoring populasi orangutan, pengelolaan wisata terbatas dan kegiatan pemulihan ekosistem dalam rangka pembinaan habitat orangutan. Demikian pula pada keempat resort yang lain.

Sebelum terjun langsung ke lapangan, peserta magang diberi pembekalan berupa pengenalan TN Kutai dan potensi yang ada, jenis-jenis kegiatan yag dilakukan dalam pengelolaan TN Kutai da informasi lain yang dapat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan. Selama pelaksanaan magang, peserta akan dibimbing oleh kepala resort dan staf lapangan yang terdapat pada masing-masing resort. Setelah pelaksanaan magang, akan dilakukan  presentasi hasil pelaksanaan kegiatan magang oleh masing-masing kelompok. Selain untuk berbagi pengalaman, hasil kegiatan magang dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi bagi pengelolaan Taman nasional Kutai.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini