Indahnya Sinergitas Pengelolaan Pariwisata TN Lore Lindu Bersama Pansus II DPRD Kabupaten Poso  

Jumat, 15 Februari 2019

Palu, 14 Pebruari 2018. Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) sebagai pengelola kawasan konservasi Taman Nasional Lore Lindu saat ini berupaya mengedepankan pengelolaan kawasan yang melibatkan multi stakeholder dan kolaboratif. Pengelolaan multi stakeholder perlu dukungan koordinasi dan komunikasi yang aktif antara berbagai pihak dalam setiap penyusunan rencana dan kegiatan yang berhubungan dengan Kawasan TNLL termasuk pengelolaan pariwisatanya. Untuk itu BBTNLL menerima kunjungan dari Tim Panitia Khusus (PANSUS) II DPRD Kabupaten Poso yang diketuai oleh Syarifudin Odjobulo, Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Poso, Kamis (14/1). Pertemuan kerja ini juga dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala BPTNW II Makmur, Kepala BPTNW III Poso, dan staff lingkup BBTNLL serta perwakilan Forest Programme III (FP III).

Dalam pertemuan kerja ini Kepala Balai Besar TNLL, Ir. Jusman sebagai pemangku kawasan menyampaikan tugas pokok dan fungsi Taman Nasional Lore Lindu yaitu mulai dari pengamanan, pengawetan dan pemanfaatan kawasan termasuk pemanfaatan potensi wisata di TNLL. Hal ini bagaikan gayung bersambut dengan tujuan kunjungan Tim PANSUS II DPRD Kabupaten Poso terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Poso tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Poso. Pada kesempatan ini, Jusman mengungkapkan harapannya agar tercipta sinergitas antara pengembangan pariwisata di TNLL dengan pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Poso sehingga menciptakan konsep peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pariwisata sebagai penyokong kelestarian Kawasan. 

Selanjutnya, Tim PANSUS II DPRD Kabupaten Poso menyampaikan semangat dalam mendukung dan menjalin kerjasama dengan BBTNLL khususnya mengenai pengembangan pariwisata yang berbasis masyarakat. Bend Unger dari FP III menambahkan bahwa FP III juga turut mendukung pengembangan pariwisata di Kawasan TNLL terutama di lokasi destinasi Objek Wisata Tambing yang saat ini sedang menjadi salah satu spot kunjungan para wisatawan lokal dan perlu mendapat perhatian lebih terkait pengembangannya.

Sebelum menutup pertemuan, Kepala BBTNLL  mempresentasikan hasil revisi zonasi pengelolaan TN Lore Lindu Kabupaten Sigi dan Poso tahun 2018 yang didalamnya telah mengakomodir perkembangan dan dinamika yang ada di masyarakat dan instansi-instansi yang berkepentingan terhadap perkembangan wilayahnya dengan adanya zona tradisional dan zona khusus di dalam kawasan TNLL. Selain itu, revisi zonasi ini dapat menciptakan ruang kemitraan baik dengan masyarakat sekitar Kawasan TNLL maupun dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan Kawasan TNLL secara kolaboratif, ujar Jusman.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini