Konservasi Species Anggrek Lokal di SM Pelaihari

Selasa, 05 Februari 2019

Pelaihari, 2 Februari 2019 – Usaha merealisasikan rencana pengembangan anggrek lokal, maka telah dilaksanakan pertemuan rutin para pejuang konservasi anggrek “Kelompok Amabilis Lestari” di Kabupaten Tanah Laut. Pertemuan ini sebagai sarana silaturahmi dan berbagi informasi serta pengetahuan terkait budidaya anggrek lokal.

Kelompok yang dibentuk Nopember 2018 ini juga membahas program-program kerja kelompok terkait pelestarian anggrek. Pada pertemuan ini, Kelompok Amabilis Lestari yang berada di bawah naungan dan binaan Balai KSDA Kalimantan Selatan lebih memfokuskan pada penguatan kelembagaan serta aturan kelompok.  Susunan pengurus yang terdiri dari ketua: Hermanto, sekretaris: Suliyo, dan bendahara: Syarnidah, kemudian ditambah dan dipilih seksi humas: Patnur dan seksi penelitian dan pengembangan: Noor Ipansyah untuk membantu kelompok dalam menjalankan dan mengembangkan program kerja.

Hermanto selaku ketua Kelompok Amabilis Lestari juga menyampaikan harapannya melalui kelompok ini dapat mengembalikan dan mengembangkan populasi Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) yang keberadaannya langka untuk bisa menjadi spesies yang mudah ditemui di wilayah Tanah Laut.  Kemudian juga dukungan penuh Balai KSDA Kalimantan Selatan sangat diharapkan dalam upaya pelestarian Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) dan Anggrek Spesies Meratus yang merupakan misi utama Kelompok Amabilis Lestari.

Pertemuan kelompok Amabilis Lestari juga dihadiri petugas dari Balai KSDA Kalimantan Selatan, Akhmad Fauzan, S.Hut  selaku Kepala Resort SM Pelaihari. Pada kesempatan ini disampaikan arahan dan harapan Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc tekait upaya pelestarian dan konservasi anggrek yang dilakukan oleh kelompok ini.  Kepala Balai sangat mendukung upaya yang telah dilakukan oleh penggiat konservasi anggrek yang tergabung dalam kelompok Amabilis Lestari dimana peranannya sangat diharapkan dalam pelestarian Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) dan Anggrek Spesies Meratus Kalimantan Selatan. Peran parapihak dan instansi terkait sangat penting untuk dilibatkan dalam kegiatan ini. (jrz)

 Konservasi Species Anggrek Lokal di SM Pelaihari (01)

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini