Warga Serahkan Orangutan Sumatera di Indra Makmur Aceh Timur

Sabtu, 26 Januari 2019

Aceh Timur, 23 Januari 2019. Personil Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe Resor Wilayah 12 Langsa  bersama Tim Orangutan Information Center (OIC) didampingi personil Kepolisian Sektor Indra Makmur Aceh Timur melakukan Penyelamatan Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) yang diserahkan oleh seorang Warga atas nama Alamsyah warga Gampong Suka Makmur Kecamatan Indra Makmur Kabupaten Aceh Timur. Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) yang diserahkan berjenis kelamin jantan dengan perkiraan usia ± 1 (Satu) Tahun dengan kondisi sehat (hasil pemeriksaan tim dokter hewan OIC) yang menurut keterangan masyarakat yang menyerahkan didapatkan di areal kebunnya saat dia sedang beraktifitas berladang. Selanjutnya Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii)  akan di Karantina di Pusat Karantina-Rehabilitasi Orangutan Sumatera YEL-SOCP Batu Mbelin Sibolangit Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi dari Kelompok Mamalia  Famili Hominidae berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.92/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi. Dalam katergori IUCN Orangutan Sumatera (Pongo pigmeus abelii) berstatus kritis/critically endangered dengan penyebaran/distribusi meliputi Pulau Sumatera dengan Distribusi populasi terbesar mulai dari Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subuluusalam. Jumlah Orangutan Sumatera sendiri di alam untuk saat ini diperkirakan berjumlah ± 13.846 individu dengan luasan habitat ± 16.775 km2.

Kami berharap apa yang telah dilakukan oleh saudara Alamsyah dapat diikuti oleh masyarakat lainnya demi keberlanjutan Keanekaragaman Hayati.

 Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini