Taman Nasional Gunung Leuser Seksi PTN Wilayah I Blangpidie Sita Orangutan Sumatera dari Warga Gampong Paya

Rabu, 23 Januari 2019

Blangpidie, 22 Januari 2019. Tim Gabungan yang terdiri dari BBTN Gunung Leuser – Seksi PTN Wilayah I Blangpidie, Tim HOCRU dari YOSL- OIC, BKSDA Aceh beserta Polres Aceh Barat Daya melakukan Penyitaan terhadap satu ekor satwa liar yang dilindungi, yakni seekor Orangutan sumatera (Pongo abelii) dengan jenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia 2 tahun.

Setelah melakukan koordinasi dengan Kapolres Abdya melalui Kasat Narkoba Ipda Mahdian Siregar, SE., Kapolres langsung menurunkan 3 orang personil Kepolisian ke lokasi untuk membantu Tim Gabungan untuk melakukan penyitaan orangutan dari pemiliknya. Menurut pengakuan yang bersangkutan, beliau tidak mengetahui bahwa satwa tersebut dilindungi oleh Undang-Undang. Saat penyitaan, orangutan berada di dalam kandang ayam dari salah satu warga Gampong Paya, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya. Penyitaan dilakukan sekitar pukul 12.45 WIB.

Penyitaan ini berhasil lantaran laporan dari masyarakat Kepada Polhut Seksi PTN Wilayah I Blangpidie A. Suandi Selian pada hari Jumat, 19 Januari 2019, pukul 17.45 WIB. Saat itu, Petugas TNGL Seksi PTN Wilayah I Blangpidie sedang melaksanakan kegiatan Smart Patrol. Pada saat itu juga, Suadara Suandi Selian langsung berkoordinasi dengan pihak BKSDA Aceh dan Tim HOCRU-YOSL-OIC setelah sesaat sebelumnya melakukan koordinasi dan konfirmasi kepada Kepala Bidang TN Wilayah I Tapaktuan, Buana Darmansyah, S.Hut.T.

Berdasarkan pemeriksaan dari Tim Medis YOSL- OIC, Orangutan harus segera direhabilitasi ke pusat Karantina Orangutan sumatera Sibolangit yang dikelola oleh YEL-SOCP di Sumatera Utara. Hal ini dilakukan karena kondisi orangutan yang jinak dan terbiasa makan makanan manusia sehingga perlu dilakukan karantina untuk mengembalikan sifat liar dan kesehatannya. Nantinya, setelah dinyatakan sehat dan kembali sifat liarnya, orangutan tersebut akan dilepasliarkan ke habitat alaminya di Propinsi Aceh.

Petugas TNGL, BKSDA Aceh, YOSL-OIC dan Polres Abdya membawa orangutan sumatera untuk dilakukan rehabiltasi di pusat karantina

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini