TWA Tampomas dan TB Masigit Kareumbi Jadi Rumah Baru Bagi 65 Kukang Jawa

Senin, 21 Januari 2019

Bandung, 21 Januari 2019. Pasca digagalkannya penyelundupan 79 Kukang Jawa dari Kabupaten Majalengka ke Surabaya yang rencananya akan dikirim ke Shanghai China, hari minggu kemarin tanggal 20 Januari 2019 sebanyak 65 satwa dilindungi tersebut dikembalikan ke habitatnya. TWA Tampomas dan Taman Buru Masigit Kareumbi dipilih menjadi rumah baru bagi mereka karena berdasarkan identifikasi vegetasi dan ketersediaan pakan, kedua kawasan konservasi tersebut layak menjadi habitat satwa yang dijuluki malu-malu ini. Seperti diberitakan sebelumnya, 11 kukang lainnya saat ini menjalani proses rehabilitasi oleh Yayasan IAR Indonesia, sedangkan 3 kukang lainnya mati dalam masa perawatan.

Pelepasliaran kukang jawa yang merupakan titipan barang bukti Polres Majalengka berdasarkan surat Penetapan Pengadilan Negeri Majalegka No. 1/Pen.Pid/2019/PN Mjl tanggal 17 Januari 2019 ini dilakukan Balai Besar KSDA Jawa Barat bersama-sama dengan Polres Majalengka, Perwakilan Kejaksaan Majalengka, dan juga Yayasan IAR Indonesia.

Di TWA Tampomas, Kapolres Majalengka turut langsung melepaskan ke 34 ekor Kukang Jawa yang terdiri dari 15 Jantan dan 19 betina. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bidang KSDA Wil. II Soreang, Ir. Memen Suparman, MM dan Kepala SKW VI Tasikmalaya, Didin Syafrudin, S.Sos. Sebagai jembatan edukasi, anggota Bhayangkari Kepolisian Resort Majalengka diajak untuk menyaksikan pelepasliaran kukang jawa tersebut.

Pada hari yang sama, sebanyak 31 ekor kukang jawa lainnya yang terdiri dari 17 ekor jantan dan 14 ekor betina dilepasliarkan di TB. Masigit Kareumbi. Pelepasliaran dipimpin langsung oleh Kepala SKW III Soreang, Didik Sudjianto, SH, MH beserta petugas resort Masigit Kareumbi Barat. Total kukang jawa yang dilepasliarkan pada kedua kawasan konservasi tersebut sebanyak 65 ekor yang terdiri dari 32 ekor jantan dan 33 ekor betina.

Selanjutnya, kukang yang dilepaskan akan dimonitor dan diamati perilaku kesehariannya oleh petugas resort dan Yayasan IAR Indonesia.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini